“Petugas RSUD Kayuagung Miliki Sikap Ramah”

 327 total views,  2 views today

Wabup OKI menggelar sidak di RSUD Kayuagung. | Foto : Dony KS

Wabup OKI menggelar sidak di RSUD Kayuagung. | Foto : Dony KS

KAYUAGUNG – Wakil Bupati OKI, H M Rifai, SE meminta seluruh pegawai di rumah sakit umum daerah (RSUD) Kayuagung agar selalu bersikap lebih ramah dalam melayani para pesien.

“Ada selentingan yang kurang enak di mana sebagian masyarakat mengatakan kalau masyarakat yang ingin bururusan biasanya mendapat pelayanan yang tidak maksimal. Sementara giliran pejabat selalu dilayani dengan baik. Saya ingin hal itu tidak jadi lagi demi menjaga citra baik rumah sakit ini,” pinta Wabup saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Kayuagung, Selasa (21/10) pukul 09.30 WIB.

Ia menyambangi rumah sakit milik pemerintah tanpa adanya pengawalan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab OKI. Ruangan yang pertama kali didatangi adalah Ruang Komite Medik yang merupakan tempat para dokter jaga berkumpul dan kebetulan saat itu, Direktur RSUD Kayuagung, dr Fikram tengah memberikan pengarahan kepada para dokter.

Di ruangan tersebut, Wabup OKI sempat berkonsultasi dengan para dokter spesialis terkait kondisi kesehatannya pasca menunaikan ibadah haji. Selanjutnya, bersama Direktur RSUD Kayuagung, Wabup mengunjungi beberapa ruangan di Instalasi Rawat Bedah untuk melihat kondisi para pasien yang tengah menjalani perawatan.

Di sela-sela sidak tersebut, Wabup juga meminta kepada Direktur RSUD Kayuagung agar membatasi anggota keluarga pasien yang menginap untuk menjaga.

“Agar kondisi rumah sakit tidak kotor dan semerawut, anggota keluarga pasien yang menginap untuk menjaga pasien agar dibatasi, jangan sampai ini bisa menganggu pasien yang sedang menjalani perawatan,” ujar Wabup.

Direktur RSUD Kayuagung, dr Fikram mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, khususnya kepada para pasien yang tengah dirawat.

“Selain memantau kondisi rumah sakit, pak Wabup juga sempat memeriksakan kondisi kesehatannya sepulang ibadah haji karena memang selama menunaikan ibadah haji, beliau sering berkonsultasi mengenai kondisi kesehatannya dengan salah satu dokter kita. Tadi pak Wabup meminta untuk membatasi keluarga pasien yang menjaga dan menginap karena bisa membuat semerawut,” terang Fikram.

Pihaknyapun berharap kepada pasien yang berobat ke RSUD Kayuagung agar tertib administrasi, agar petugas jaga bisa cepat melayani dan memproses klaim berobat gratis pasien yang bersangkutan.

“Kita tetap melayani pasien yang berobat menggunakan Jamsoskes ataupun Jamkesmas Semesta, namun untuk proses administrasinya harus lengkap, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis SKM MKes mengatakan, pihaknya telah mendirikan rumah singgah bagi keluarga dan pasien yang beresiko.

“Kami menyiapkan rumah singgah khusus bagi pasien yang hendak melahirkan di RSUD Kayuagung, hal ini untuk mengurangi angka kematian bayi dan ibu hamil. Namun bagi masyarakat dari pelosok yang keluarganya dirawat di rumah sakit dan perlu tempat menginap tetap kita layani,” pungkasnya seraya mengatakan, lokasi rumah singgah berada di Jalan Yusuf Singedekane Kayuagung atau dekat Gedung Pemuda OKI.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster