Terkendala Dana, Pagaralam Belum Miliki Politeknik Negeri

 262 total views,  2 views today

PAGARALAM – Setiap tahun, puluhan siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bumi Besemah ini lulus dari sekolahnya. Adapula di antara mereka yang hendak melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi lagi. Namun masih terkendala jarak tempuh, mengingat fasilitas tersebut berada di luar kota.

Kepala SMK Negeri Pembina Kota Pagaralam, Jumali Harmanto SPd mengemukakan, hal tersebut memang kerao dikeluhkan siswa/i nya yang sebagian besar anak-anak petani. Sehingga untuk melanjutkan sekolah di luar kota, tentunya mereka merasa berat akan biayanya.

“Kedepan sangat kita harapkan adanya Politeknik Negeri, seperti yang dimiliki kota-kota atau daerah lain baik di dalam maupun di luar Sumatera Selatan,” ujarnya, kemarin (17/10).

Ia berharap, setelah melihat kuliah perdana mahasiswa baru program studi di luar domisili Politeknik Negeri Sriwijaya tersebut, ada sekitar 20 orang mahasiswa yang terdaftar pada program studi tersebut dalam rangka rintisan pendirian akademi komunitas Kota Pagaralam tahun ajaran 2014 -2015 nanti.

“Ya, program dimaksud sangat mendukung keinginan para lulusan SMK dan termasuk pula SMA yang berniat melanjutkan pendidikannya,” kata Jumali.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagaralam, Drs H Safrani MPd melalui Kasi Kurikulum Jemiyo SPd MPd mengatakan, pendirian akademi komunitas negeri Kota Pagaralam pada prinsipnya pemerintah ingin membangun sumber daya Manusia (SDM) yang tercatat secara resmi.

“Sangat kita harapkan adanya kampus akademi komunitas Pagaralam kedepan dapat lebih mandiri dan mampu menciptakan alumni unggul dan berdaya saing global,” singkatnya.

TEKS   : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster