Akibat Kabut Asap, Kunjungan Wisatawan Menurun

 86 total views,  2 views today

Pulau Kemaro | Foto : Bagus Kurniawan

Ilustrasi Pulau Kemaro, Salah Satu Icon Pariwisata palembang | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Kabut asap yang menyelimuti Sumsel khususnya Palembang, ternyata juga berdampak pada kunjungan wisatawan ke metropolis. Akibat kabut asap tersebut, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Palembang mengalami penurunan.

Kepala Bidang (Kabid) Objek dan Daya Tarik Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Palembang, Husin Saleh Djon mengatakan, semenjak Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) internasional September lalu, jumlah kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, sangat terasa menurun. “Inilah realitanya terjadi penurunan, ditambah lagi banyaknya penundaan penerbangan,” kata Husin, Selasa (14/10).

Husin mengaku, akibat kabut asap itu, penurunan wisatawan mencapai 25 persen. Menurutnya, angka itu didapat dari hotel-hotel dan Imigrasi Palembang terkait wisatawan luar negeri dari paspor yang terdata. “Turunnya tidak drastis. Namun, tingkat hunian hotel menurun. Hal itu sangat merugikan, terutama pemasukan untuk Kota Palembang,” ujarnya.

Selain itu sambung Husin, penyebab menurunnya wisatawan, diakibatkan pemberitaan secara nasional, bahwa Kota Palembang dilanda kabut asap sangat parah. Sehingga wisatawan, takut untuk berkunjung. “Tetapi kabut asap ini sifatnya sementara. Kami berharap cepat hilang dan segera teratasi,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster