Rektor IAIN RF : Mahasiswa Harus Berprestasi Akademik dan Sosial

 320 total views,  2 views today

Rektor IAIN Raden Fatah Palembang, Prof DR H Aflatun Muchtar MA. | Foto : Bagus Kurniawan/KS

Rektor IAIN Raden Fatah Palembang, Prof DR H Aflatun Muchtar MA. | Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Prof Dr H Aflatun Mochtar, MA mengatakan pemberian beasiswa oleh Bank Indonesia (BI) hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi mahasiswa. “Oleh sebab mahassiwa harus tetap memelihara prestasi, baik prestasi akademik dan prestasi sosial,” ujar Aflatun pada penandatanganan (Memorandum of Understanding (MoU) program kerja sama beasiswa 2014 di Gedung BI wilayah VII Palembang, kemarin, Senin (13/10).

Lebih lanjut Aflatun mengatakan prestasi akademik yang harus tetap dilakukan menyangkut tugas dan kewajiban mahasiswa dalam menjalankan proses belajara mengajar (PBM) di kampus. Sementara prestasi sosial terkat erat dengan tugas berat mahasiswa sebagai agen of change, dalam menyongsong persaingan global. “Di masyarakat mahasiswa punya kewajiban ikut serta memberi kontribusi pemikirannya yang sudah diperoleh dari kampus, sehingga prestasi akademik dapat beriring dengan prestasi sosial di masyaraat,” tegasnya.

Teradap beasiswa, Aflatun mengatakan, melalui kepedulian BI terhadap mahasiswa ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi, baik ketika mereka di dalam kampus atau setelah mahassiwa itu menjadi sarjana.

Beasiswa BI ini diberikan kepada mahasiswa perguruan tinggi negeri PTN yang berprestasi di Kota Palembang.

Sementara itu Rektor Unsri, Prof dr Badia Parizade mengatakan, pihaknya sangat apresiasi dengan program yang dijalankan BI setiap tahunnya untuk membantu mahasiswanya yang berprestasi melalui beasiswa ini.

“Kita sebagai penyelenggara pendidikan patut memberikan apresiasi tinggi karena BI sebagai Bank sentral selaku menjaga perekonomian Indonesia juga turut peduli  pada generasi masa depan melalui bantuan pendidikan beasiswa,” ujarnya.

Beasiswa tersebut diberikan kepada Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang. Adapun total penerima beasiswa tahun ini sebanyak 80 orang dengan total Rp 500 juta.

Dalam sambutannya, R Mirmansyah mengatakan, program beasiswa dari BI wilayah VII ini telah dimulai sejak 2010 dan dalam pelaksanaannya terus ditingkatkan. Program beasiswa ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) BI dan menjadi salah satu bentuk nyata dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

“Bank Indonesia memberikan kesempatan kepada mahasiswa PTN berprestasi untuk memperoleh beasiswa bantuan pendidikan (tuition fee) setiap bulan yang dibayarkan setiap semesternya,” ujarnya.

Menurutnya beasiswa yang dikucurkan BI tahun ini jumlahnya meningkat 100 persen. Peningkatan ini, kata dia, seiring dengan semakin tingginya biaya kebutuhan dan pendidikan bagi mahasiwa yang berprestasi diakademiknya namun masih terkendala biaya.

“Sebelumnya BI mengalokasikan bantuan beasiswa sebesar Rp250 ribu perbulan, namun mengingat semakin tingginya biaya kebutuhan pendidikan saat ini bantuan pun kita tingkatkan menjadi Rp500 ribu/bulan dengan total Rp6 juta pertahunnya,” ujarnya.

Mirmansyah menambahkan, program beasiswa ini juga akan diarahkan pada pengembangan program BI lainnya kepada  mahasiswa, melalui forum komunitas Generasi Muda Bank Indonesia (Gen BI).

Melalui program ini, mahasiswa yang tergabung akan mendapat pelatihan seminar serta sharing lewat pertemuan secara rutin yang dilakukan. “Diharapkan forum ini juga bisa menjadi ajang sharing melengkapi tentang ilmu dan lain sebagainya bagi antar mahasiswa penerima beasiswa BI, selanjutnya kita akan dorong mereka untuk bersama-sama meningkatan prestasi akademiknya untuk generasi di masa mendatang,” ucapnya.
TEKS    : AMINUDDIN





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster