KOPAS Ajak Masyarakat Mengenal Dunia Hewan

 337 total views,  2 views today

Foto Bersama Anggota Komunitas Pecinta Animal Sriwijaya (KOPAS) | Dok KS

Foto Bersama Anggota Komunitas Pecinta Animal Sriwijaya (KOPAS) | Dok KS

INDERALAYA – Ada banyak komunitas atau jenis perkumpulan yang mempunyai karakter dan ciri khas berbeda. Demikian pula dengan komunitas satu ini yang menamakan diri Komunitas Pecinta Animal Sriwijaya atau lebih dikenal KOPAS.

Komunitas yang berdiri di dunia maya sepeti Facebook, pada 22 Oktober 2013 dan memilik 600 anggota.  Komunitas ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai dunia hewan.

Ervin, Ketua Komunitas KOPAS, mengatakan tujuan berdirinya KOPAS untuk menyatukan seluruh lapisan masyarakat agar dapat mencintai serta mengenali jenis hewan dari berbagai jenis seperti jenis reptil, mamalia dan lain sebagainya.

“Pada dasarnya setiap anggota komunitas ini memang tidak diharuskan untuk memiliki jenis binatang peliharaan. Akan tetapi mempunyai jiwa dan kasih sayang terhadap hewan sebagai mahluk hidup ciptaan Tuhan, harus ditanamkan bagi setiap pecintanya dikomunitas ini,” tambahnya.

Ia menambahkan, KOPAS berdiri berawal dari adanya dengan beberapa rekan untuk membicarakan tentang dunia hewan. “Berawal dari itu, kami (anggota KOPAS) sepakat untuk mengadakan Gathering (musyawarah) perdana bertempat dilapangan Taman POLDA Sumsel pada 3 November 2013 lalu. Setelah pertemuan perdana tadi maka untuk selanjutnya dijadwalkan untuk pertemuan selanjutnya setiap Minggu,” bebernya.

Sambung Ervin, saat ini KOPAS sudah tersebar dibeberapa kabupaten diantaranya kota Palembang dan Prabumulih. Bahkan belum lama ini KOPAS juga telah mendeklarasikanya untuk regional Ogan Ilir yang dikemas dalam bentuk acara sosialisasi bersama Pramuka. “Materi pengenalan ular sebagai hewan reftil berbisa yang kita lakukan di Pondok Pesantren (Pompes), Raudhatul Ulum. Saka Tiga, Indralaya,” paparnya.

Ervin, pemilik  tiga jenis ular ini berharap agar komunitas binaannya ini dapat terus maju dan berkembang dengan bertambahnya keanggotaan yang ingin bergabung. “Mau gabung, silahkan search di Facebook KOPAS (Komunitas Pecinta Animal Sriwijaya. Mari, kita sayangi dan cintai hewan disekeliling kita,” ajaknya.

 

TEKS    : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR  : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster