Tenaga Kerja Harus Memahami Hak dan Kewajiban

 105 total views,  2 views today

INDERALAYA – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ogan Ilir, Aprizal Hasyim, S.Sos, MM melalui Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Drs. Suharsono, mengatakan para calon tenaga kerja yang akan dikirim ke luar negeri harus memahami hak dan kewajibannya sebagai tenaga kerja, termasuk juga disiplin dan sanksi.

Hal itu dikatakan Aprizal, terkait dengan rencana rekrutmen 112 tenaga kerja yang akan ditempatkan di perusahaan di Pulau Bangka di bidang elektronik. Untuk itu pihaknya akan mengadakan penyuluhan ketenaga kerjaan. “Proses rekrutmen yang dilakukan untuk tenaga kerja pria dan wanita yang berumur minimal 18 tahun,” tukasnya.

Lebih lanjut, Aprizal mangakui minat tenaga kerja dari Kabupaten Ogan Ilir (OI) semakin hari kian bertambah. Mereka sanga berminat ingin menjadi tenaga kerja, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini terbukti pada tahun 2014 pemerintah Kabupaten Ogan Ilir telah memberangkatkan  122 tenaga kerja baik untuk perusahaan di dalam maupun luar negeri. Dari 122 tenaga kerja menurutnya, yang dikirim Disnakertrans Ogan Ilir, ada 64 tenaga kerja dikirim keluar negeri.

”Ya, seperti Malaysia, Singapura, Arab Saudi yang bergerak bidang tenaga kerja sebagai Operator perkebunan yaitu di negara Malaysia dan Singapura sementara untuk di Arab Saudi khusus pembantu rumah tangga,” paparnya.

Sementara untuk 58 tenaga kerja menurutnya, rencanya akan ditempatkan di Provinsi Batam, Kepulauan Riau, yang bergerak di bidang perusahaan elektronik. “Jadi totalnya yang pasti 122 tenaga kerja yang kita berangkatkan, baik keluar maupun dalam negeri yang bergerak di bidang operator perkebunan, pekerja rumah tangga dan elektronik,” tegasnya.

 

TEKS      : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR      : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster