Urai Sampah dengan Dekomposer

 323 total views,  2 views today

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA  | Dok KS

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA | Dok KS

PALEMBANG – Komando Distrik Militer (Kodim) 0418/Palembang bekerjasama dengan Balai Aplikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Balitek) Universitas Sriwijaya (Unsri), akan membantu mengatasi persoalan sampah di Palembang.

Untuk mengatasi tumpukan sampah di metropolis, Kodim 0418 bersama Balitek menawarkan Dekomposer guna mengurai sampah di Palembang, yang produksinya mencapai 600 ton perhari.

“Dekomposer ini, alat temuan dosen Fakultas Pertanian Unsri, Samsul Alwi. Kita membantu Balitek Unsri, untuk mensosialisasikan alat ini. Sebab kita nilai, alat ini berguna untuk mengurai sampah di Palembang,” kata Komandan Kodim 0418/Palembang, Letkol Arm A Mutaqin yang dibincangi, Kamis (9/10).

Alat ini terang Mutaqin, akan diterapkan di lingkungan Kodim 0418/Palembang. Apalagi jelasnya, Kodim mempunyai program TNI Peduli Lingkungan. “Seluruh jajaran TNI di Kodim 0418/Palembang, akan menggunakan dekomposer untuk mengurai sampah rumah tangga, salah satunya Danramil Kamboja Kapten Kav Tarjono yang sudah tujuh bulan menggunakan dekomposer,” ujarnya

Dalam kesempatan itu, Mutaqin juga menghimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah, terlebih saat ini bencana asap telah melanda Bumi Sriwijaya ini. ” Jangan lagi membakar sampah, karena asap itu bisa menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA),” himbaunya.

Sementara itu, Samsul Alwi, penemu dekomposer menyebut alat yang dibuatnya itu adalah hasil penelitiannya selama lima tahun. Dia berharap dengan produk temuannya, dapat mengatasi masalah sampah di perkotaan.

“Untuk membuat dekomposer tidak sulit, karena bahannya dari gabah, jagung, gula dan tepung ikan (konsentrat). Cara kerjanya, sampah organik dimasukan dalam tong sampah yang sudah diberi lubang-lubang kecil. Saat membuang sampah, cukup diberi bubuk dekomposer lalu sampah akan terurai dengan sendirinya,” tukasnya.

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster