Fakultas Kedokteran Unsri Buka Prodi Baru

 293 total views,  6 views today

Gedung Fakultas Kedokteran Unsri Palembang | Dok KS

Gedung Fakultas Kedokteran Unsri Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri), akan membuka program studi (prodi) baru pada 2015 mendatang yakni studi kedokteran pelayanan primer. Dalam prodi ini, dokter umum yang tidak mau mengambil program dokter spesialis, bisa mengambil prodi tersebut karena setara dengan dokter spesialis namun tetap boleh membuka pengobatan umum.

Dekan FK Unsri, M Zulkarnain menyebut, dibukanya prodi ini menjadi kesempatan bagi dokter umum yang tidak mau mengambil spesialisasi bidang khusus. Pendidikan ini jelasnya, bisa ditempuh selama 2,5 tahun hingga tiga tahun lamanya.

“Namun prodi ini, baru dibuka pada tahun ajaran 2015 mendatang. Kedepan, prodi ini akan dipusatkan di Jalan Madang, belakang Rumah Sakit Mohammad Hoesain (RSMH), Palembang,” kata Zulkarnain yang dibincangi disela-sela dies natalies ke-52 FK Unsri, Kamis (9/10).

“Bagi para dokter umum, yang tidak mau mengambil spesialis tapi ingin meningkatkan kemampuannya, bisa mengambil prodi DLP. Karena prodi ini setara dengan spesialis dokter bidang khusus,” terangnya seraya menyebut saat ini FK Unsri tengah mempersiapkan prodi baru ini, mulai dari kurikulum, tenaga pengajar hingga fasilitas penunjang pendidikan.

Sementara untuk program S1 kedokteran, tahun ini terang Zulkarnain, FK Unsri hanya menerima 230 mahasiswa. Biasanya, setiap tahun ada 240 mahasiswa yang diterima. Itu disebabkan, adanya pengurangan tenaga kerja disetiap Rumah Sakit (RS). “Jika nanti semakin banyak RS berdiri, tentu kuota mahasiswa yang diterima akan kembali ditingkatkan,” ucapnya.

Untuk peningkatan kualitas, FK Unsri sebutnya membidik menjadi word class. Karenanya, akan diterapkan bilingual class. Maksudnya, dalam sistem pembelajaran ada dua bahasa yang digunakan yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

“Bilingual class, sudah mulai diterapkan sejak tahun ajaran 2014. Setiap tahun, selalu ada peningkatan pendidikan di FK Unsri. Kelas ini, hanya untuk mahasiswa terpilih sedangkan mahasiswa lainnya masuk di kelas reguler,” tukasnya.

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com