Sidak Jelang Idul Adha, Banyak Makanan dan Minuman Kadaluarsa

 254 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Untuk menjamin kelayakan makanan dan minuman yang ada di pasaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Muaraenim yang tergabung dalam tim terpadu, Jumat (3/10), mengelar inspeksi mendadak (Sidak) ke toko-toko yang ada di pasar Muaraenim menjelang perayaan Idul Adha.

Hasilnya, ditemukan banyak makanan dan minuman yang dijual pedagang dalam kondisi kadaluarsa. “Kita menemukan beberapa toko yang masih memajang barang yang sudah kadaluarsa, seperti pop mie dan beberapa jenis minuman botol plastik sudah kadaluarsa” kata Kepala Disperindag Muaraenim, Syafruddin didampingi Kabid Perlindungan Konsumen, Eni Tajirah ketika dibincangi, kemarin.

Menurutnya, sidak yang dilakukan bersama tim terpadu dalam rangka menghadapi hari besar agama yakni hari raya Idul Adha itu digelar dibeberapa pasar kecamatan seperti di Kecamatan Tanjung Agung, Semendo Darat, Lawang Kidul, Gunung Megang dan Gelumbang.

“Untuk masalah harga maupun stok masih cukup stabil dan aman. Bahkan para pedang mengeluhkan sepinya pembeli, mungkin karena faktor harga beberapa komoditi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat saat ini sedang anjlok, salah satunya harga karet,” ucapnya.

Terkait banyaknya temuan masih banyaknya toko-toko yang memajang barang yang sudah kadaluarsa, Disperindag sudah menyampaikan teguran dan himbauan kepada pedagang agar secara berkala memeriksa barang yang diperjualbelikan, dan tidak boleh memajang barang yang sudah kadaluarsa.

Bagaimana dengan sanksi ? Syafruddin menyebut itu bukan kewenangan Disperindag. Disperindag jelasnya, hanya melakukan pembinaan sementara penindakan seperti penarikan barang kadaluarsa adalah kewenangan Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM).

“Namun tahun ini, kita sudah membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Sehingga jika ada masyarakat yang merasa dirugikan karena barang yang dibelinya rusak atau kadaluarsa dan lainnya, bisa melaporkan ke badan tersebut,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster