Terkait Surat Edaran KPU RI, Pilkada di Sumsel Bakal Tertunda

 246 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Pada 2015 mendatang, ada tujuh kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Tujuh kabupaten dimaksud yakni OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Mura, Muratara, PALI dan OI.

Namun pesta demokrasi di tujuh kabupaten tersebut, terancam ditunda. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 1600/KPU/X/2014 tanggal 2 Oktober 2014, sebagai tindaklanjut dengan disahkannya Undang-undang (UU) tentang Pilkada pada 25 September lalu.

Isinya kata Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi dan Kampanye, Ahmad Naafi, semua jadwal dan tahapan Pilkada untuk ditunda. “Di surat itu diterangkan, bagi daerah yang masa jabatan kepala daerah dan wakilnya berakhir Juli 2014, agar menunda semua tahapan Pilkada sampai ditandatanganinya UU itu oleh presiden,” kata Naafi yang dibincangi, Kamis (2/10).

Selain itu diterangkan, KPU provinsi dan kabupaten/kota untuk tidak melaksanakan kegiatan yang berimplikasi pada penggunaan anggaran hibah daerah yang diperuntukkan bagi pelaksanaan Pilkada.

“KPU provinsi, kabupaten dan kota juga diminta koordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah masing-masing dengan dua kebijakan tersebut. Di Sumsel sendiri, ada lima daerah ditambah dua daerah pemekaran yang masa jabatan kepala daerah dan wakilnya berakhir pada Juli 2014,” jelas Naafi.

Bagaimana dampaknya SE KPU RI ini dengan pelaksanaan Pilkada di tujuh kabupaten/kota di Sumsel ? Naafi belum mau berkomentar banyak. “Tentu ada dampaknya penundaan ini dengan kebijakan lain kedepannya. Terlebih lagi, KPU di lima kabupaten di Sumsel yang menyelenggarakan Pilkada, sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat sejak jauh hari untuk persiapan Pilkada,” ujarnya.

“Bahkan anggaran dan persiapan, sudah sampai tingkat pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Namun kita patuhi saja, apa yang nantinya menjadi keputusan pusat. Karena kita pelaksana regulasi, dengan berkoordinasi dengan KPU RI,” tegasnya.

Terpisah, Sekretaris KPU Sumsel, HM Daud menyebut, untuk pelaksanaan Pilkada di tujuh kabupaten di Sumsel pada 2015 mendatang, KPU di kabupaten tersebut sudah mengajukan usulan anggaran ke pemkab masing-masing. “Akan tetapi, untuk pemantapan masih menunggu tahapan pemilu 2015 itu sendiri,” tukasnya.

 

TEKS          : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster