1,7 Juta Penduduk Belum Miliki e-KTP

 283 total views,  2 views today

Ilustrasi E-Ktp | ist

Ilustrasi E-Ktp | ist

PALEMBANG – Dari delapan juta lebih penduduk yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel), setelah dilakukannya pendataan di lapangan ternyata terdapat 12,5 persen penduduk belum miliki Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP.

Hal ini terungkap pada saat Rapat Lintas Sektor Administrasi Pencatatan Sipil dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota di Graha Bina Praja, (1/10). Kepala Biro (Kabiro) Pemerintahan Setda Sumsel, Edward Chandra mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya terdapat 12,5 persen penduduk Sumsel, belum melakukan perekaman e-KTP. “Jumlah penduduk Sumsel sebesar 8 juta lebih, nah 1,7 juta lebih belum memiliki e-KTP,” katanya.

1,7 juta lebih penduduk Sumsel yang belum memiliki e-KTP tersebut, hampir merata tersebar di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumsel. “Termasuk juga dengan Daerah Otonomi Baru (DOB) seperti Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara),” ujar Edward.

Edward menjelaskan, masih banyaknya penduduk belum memiliki e-KTP atau belum melakukan perekaman dikarenakan terdapat beberapa kendala diantaranya keberadaan mesin cetak e-KTP yang masih belum dapat beroperasional.

“Mesin cetak e-KTP ini sudah ada di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di 15 kabupaten/kota di Sumsel kecuali Kabupaten PALI dan Muratara. Tetapi untuk mengoperasionalkan mesin cetak ini, kita harus menunggu petunjuk tekhnis dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, meskipun begitu pihaknya tetap optimis bahwa permasalahan e-KTP tersebut akan teratasi. “Dengan adanya rapat yang menampung persoalan dalam menjalankan program e-KTP oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri pada hari ini, permasalahan yang ada akan teratasi hingga akhir tahun 2014 ini,” ungkap Edward.

Sementara itu, salah satu pemateri dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zakaria mengatakan, mesin pencetak e-KTP secara nasional yang sudah berada di masing-masing kantor Disdukcapi akan beroperasional pada Oktober nanti.

“Kita harapkan semua daerah dapat mempercepat proses perekaman dan pencetakan e-KTP bagi semua penduduk yang belum melakukan perekaman sehingga target selesai perekaman e-KTP pada akhit tahun ini dapat tercapai,” tukasnya.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster