Warga Muhammadiyah Siapkan Dua Tempat Salat Ied

 468 total views,  2 views today

muhammadiyah

PAGARALAM – Menjelang perayaan Idul Adha 1435H, warga Muhammadiyah telah mempersiapkan dua lokasi untuk pelaksanaan salat Ied. Demikian dikemukakan Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pagaralam H. A. Dimyati Rais, kemarin (30/9).

Ia mengatakan, berdasarkan hasil musyawarah Majelis Tajrih dan Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah, sekaligus hisab hakiki wujudul hilal, warga Muhammadiyah, khususnya di Bumi Besemah ini akan melaksanakan hari raya kurban atau 10 Zulhijah 1435 Hijriah jatuh hari Sabtu, 4 Oktober 2015.

“Bagi warga Muhammadiyah, khususnya di Bumi Besemah akan melaksanakan perayaan atau shalat Idul Adha sesuai dengan instruksi maupun pedoman yang ada sekaligus meneruskan keputusan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah pusat tersebut, yang tertuang dalam maklumat tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijah 1435 Hijriah,” terangnya seraya berujar keputusan ini tentunya melalui PDM Pagaralam akan diteruskan dengan surat edaran yang diumumkan ke sejumlah sekolah Muhammadiyah, ortom-ortom, maupun jajaran pengurus lainnya.

Meski begitu lanjutnya, untuk pelaksanaan salat Idul Adha akan dipusatkan di Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Kelurahan Besemah Serasan, Kecamatan Pagaralam Selatan dan di Masjid Raya Kawasan Pasar Seghepat Seghendi.

“Diharapkan kepada warga Muhammadiyah maupun masyarakat muslim lainnya, agar dapat melaksanakan maupun mempedomani keputusan penetapa hari raya kurban atau Idul Adha 1435 Hijriah yang telah ditetapkan Pengurus Pusat Muhammadiyah,” jelasnya.

Katanya, jika nantinya jadwal perayaan Idul Adha tidak berbarengan dengan keputusan pemerintah atau Ormas Islam lainnya, tetapi pada dasarnya perbedaan merupakan rahmat bagi kita semua umat muslim.

“Jangan sampai terpecah-belah maupun terkotak-kotak. Mari kita jjalin persatuan maupun toleransi antar sesama muslim,” harapnya.

Sementara itu, Pimpinan Nadlatul Ulama Kota Pagaralam H Winhartan SAg menegaskan, untuk penetapan perayaan Idul Adha 1435 Hijriah, pihaknya tetap berpedoman dan menunggu hasil keputusan Pemerintah Pusat, dalam hal ini keputusan dari Kementerian Agama.

“Berdasarkan informasi yang didapat dari hasil sidang penetapan hari raya Idul Adha Kementrian Agama Republik Indonesia, jatuh pada Minggu, 5 Oktober 2014. Kita seluruh umat muslim akan menjalankan shalat idul Adha pada Minggu (5/10). Kendati demikian, diharapkan semua umat muslim dapat menjalaninya dengan penuh khusyuk, terutama dalam berkurban sebagai ladang mencari amal ibadah,” katanya.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN
EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster