Lakalantas di Sumsel karena Kondisi Jalan Buruk

 282 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang sering terjadi di wilayah    Sumatera Selatan (Sumsel), disebabkan karena kondisi jalan di Sumsel yang semakin lama semakin buruk.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Kepolisian Daera (Kapolda) Sumatera Selatan (Sumsel) Inspektur Jendral Polisi (Irjend Pol) Saud Usman Nasution. “Selain memang tidak kehati-hatian dari pengendara, kondisi jalan juga sangat berpengaruh. Ada beberapa kawasan di Sumsel yang kondisi jalannya cukup rawan terjadi kecelakaan,” kata Saud, Selasa (30/9) kemarin.

Menurut Saud, ada jalan di sejumlah daerah di Sumsel yang kondisinya berlubang dan permukaanya tidak rata. Ada juga jalan yang ukurannya sangat sempit. Selain bisa menimbulkan kecelakaan, kondisi jalan yang demikian keadaannya bisa mendatangkan kemacetan lalu lintas.

Untuk itu, lanjut Saud, Polda Sumsel akan mengajak seluruh instansi terkait untuk sama-sama mengatasi hal ini. Menurut Saud, permasalahan ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena menyangkut nyawa banyak orang.

“Dari pantauan kita, setiap hari ada saja korban yang tewas dari laka lantas. Ini menjadi PR kita sendiri untuk meminimalisir terjadinya laka lantas,” kata Saud.

Dilanjutkan Saud, mayoritas korban tewas lakalantas berasal dari kalangan remaja. Data ini berdasarkan laporan dari Satlantas setiap Polres dan pemberitaan media setiap hari. Dengan kata lain, Sumsel cukup banyak kehilangan remaja, yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk nasib Sumsel ke depannya.

Dari jenis terjadinya laka lantas, Saud membeberkan, ada beberapa penyebabnya. Diantaranya, pengguna sepeda motor yang tidak mengenakan helm, melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi, dan lainnya.

Bahkan, ada beberapa kecelakaan saat mengendarai kendaraan roda empat.

Oleh karena, Saud meminta jajarannya, terutama polisi lalu lintas, untuk membuat terobosan baru agar remaja tidak bebas berkendara di jalan.

 

TEKS   : Oscar Ryzal

EDITOR  : SARONO P SASMITO

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster