Digempur Songket Thailand, Pengrajin Songket Lokal Was-was

 957 total views,  2 views today

Ilustrasi Salah Satu Pengrajin Songket | Foto : Dok KS

Ilustrasi Salah Satu Pengrajin Songket | Foto : Dok KS

PALEMBANG – Songket yang di buat dari mesin atau yang disebut songket Thailand sejak dua tahun terakhir mulai meramaikan pasar songket di sejumlah pusat pertokoan di Kota Palembang.

Akibatnya, Banyak Pengrajin  songket lokal merasa was-was atas keberadaan songket Thailand seiring dengan tingginya permintaan masyarakat terhadap produk impor tersebut.

“Awal-awalnya keberadaan songket Thailand yang masuk ke Palembang tidak begitu mempengaruhi penjualan songket asli, namun seiring waktu songket Thailand terus mengalami penyempurnaan produk sehingga memengaruhi penjualan songket asli,” kata Taufik, salah satu pedagang songket Toko ZS Komplek Pertokoan Ilir Barat Permai (IBP) Palembang, Selasa (30/9).

Menurutnya, songket Thaliand  mengalami perubahan signifikan, mulai dari desain motif, corak dan lainnya ,bahkan daya tarik dari songket tiruan ini lantaran harga yang ditawarkan terbilang sangat terjangkau berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per meter. Berbeda dengan harga songket asli Palembang dipasarkan minimal Rp800 ribu hingga Rp4 juta.

“Bagi sebagian besar pelanggan, songket mesin yang beredar saat ini sudah sangat memenuhi permintaan pasar,apalagi dikombinasikan dalam pakaian atau aksesoris tidak begitu kelihatan perbedaannya dengan songket Palembang,” ungkapnya.

Sementara adi, pedagang songket Toko Savira mengaku sebenarnya songket Thailand bukan produk impor menginggat produksinya di Pulau Jawa, Indonesia. Namun demikian, produk tersebut sudah membanjiri pertokoan Palembang.

“Awalnya keberadaan songket Thailand sangat berpengaruh terhadap penjualan kami. Bahkan penjualan menurun hingga 30%. “terangnya.

Dia menuturkan, ketertarikan masyarakat membeli songket Thailand lantaran harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Pembeli bukan saja dari individual, melainkan juga dari sanggar-sanggar Kota Palembang.

Kendati demikian, harga yang ditawarkan songket Thailand tidak sebanding dengan kualitas yang diberikan. Berbeda dengan songket Palembang, harga yang terbilang tinggi sesuai dengan kualitas ditawarkan.

“Bagi masyarakat yang memahami jenis songket pasti akan mengerti mana yang asli dan cetakan mesin. Jelas songket Palembang memiliki kualitas tinggi dibanding dengan songket Thailand,” jelasnya.

Dia meminta kebijakan pemerintah baru ini dapat melindungi produk lokal dengan harapan produk lokal tidak punah sebagai akibat serbuan produk tiruan.

 

TEKS     : SONNY KUSHARDIAN

EDITOR     : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster