Kebocoran Air Bersih Masih 24 Persen

 273 total views,  2 views today

Ilustrasi | Antaranews.com

Ilustrasi | Antaranews.com

PALEMBANG – PDAM Tirta Musi Palembang mengklaim saat ini angka kebocoran air bersih di metropolis, sudah bisa ditekan. Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Musi, Cik Mit menyebut, angka kebocoran air bersih saat ini tinggal 24 persen pertahun.

Walau pun demikian kata Cik Mit, PDAM Tirta Musi akan terus menekan angka kebocoran air bersih tersebut. Ia juga menyebut, tahun ini PDAM Tirta Musi cukup berhasil, menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang cukup besar yakni sekitar Rp 35 miliar.

Angka itu terangnya, jauh lebih besar di banding tahun 2013 lalu yang hanya sebesar Rp 20 miliar. “Alhamdulillah kinerja PDAM Tirta Musi lebih baik dibandingkan tahun lalu. Termasuk juga soal pelanggan, ada penambahan 16 ribu pelanggan baru, pada September ini,” bebernya.

“Sementara tunggakan pelanggan, hanya sekitar 0,3 persen. Angkanya terus turun, walaupun tetap ada yang menunggak,” jelasnya ketika dibincangi usai penandatanganan MoU antara Pemkot Palembang dan Pemkot Jambi di ruang Parameswara , Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Senin (29/9).

Dalam kesempatan itu, Cit Mit menyebut, PDAM Tirta Musi diminta PDAM Tirta Mayang, Kota Jambi, untuk melakukan pendampingan. Selama dua tahun kedepan, PDAM Tirta Mayang akan belajar untuk meningkatkan kinerjanya.

“Pendampingan yang akan kita lakukan, akan mencakup semua aspek kinerja termasuk pelayanan dan penekanan kebocoran. Itu Sifatnya tidak timbal balik, artinya solidaritas kita saja untuk membantu PDAM Tirta Mayang menjadi lebih baik, khususnya secara teknik untuk penyediaan air minum serta pelayanan ke pelanggan,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi, Syarief Pasha mengatakan, kinerja PDAM Tirta Musi sudah teruji dan tidak salah jika pihaknya meminta pendampingan ke Palembang. “Karena kami berkomitmen untuk menyediakan air minum yang bersih dan sehat bagi masyarakat,” tukasnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster