Petugas DKPP Banyuasin Hanya Digaji Rp 900 Ribu Perbulan

 345 total views,  2 views today

BANYUASIN – Petugas kebersihan di Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Banyuasin, berharap kenaikan honor mereka. Pasalnya, honor yang mereka terima saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka, sehari-hari.

Yusuf, salah satu petugas kebersihan di DKPP Kabupaten Banyuasin yang dibincangi Kabar Sumatera, Minggu (28/9) mengaku, mereka saat ini hanya menerima Rp 900 ribu perbulan. Honor itu menurutnya, tidak mencukupi lagi memenuhi kebutuhan keluarganya saat ini. “Uang sebesar itu, untuk ukuran saat ini dimana seluruh harga naik sangat jauh dari kata cukup,” keluhnya.

Karenanya ia berharap pada 2015 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin bisa menaikkan honor petugas kebersihan di Bumi Sedulang Setudung tersebut. “Kebutuhan hidup semakin mahal, belum lagi untuk biaya sekolah anak. Tentu kami sangat berharap, pemkab bisa menaikkan honor kami tersebut,” ujarnya.

Kepala DKPP Kabupaten Banyuasin, H Indra Hadi saat dikonfirmasi, mengakui honor petugas kebersihan di Banyuasin saat ini hanya Rp 900 ribu perbulan. “Di Banyuasin, ada 160 petugas kebersihan di lapangan. Sekarang honor mereka, hanya Rp 900 ribu perbulan,” jelas Indra.

Menurut Indra, memang honor tersebut tidak lagi mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saat ini. Karenanya kata Indra, DKPP sudah mengusulkan kenaikan honor untuk petugas kebersihan tersebut sebesar Rp 1,2 juta pada 2015 dan Rp 1,4 juta untuk sopir truk pengangkut sampah.

“Kita juga akan usulkan ekstra pudding, untuk petugas kebersihan di lapangan. Itu sama dengan uang makan untuk mereka, sebesar Rp 10 ribu perhari dan akan diterima perbulan. Dengan begitu, penghasilan mereka juga besar nantinya, tetapi itu masih kita usulkan dan semoga bisa diterima pemkab dan DPRD Banyuasin,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Indra juga menerangkan, DKPP berencana akan menambah tenaga honorer pada tahun depan. Tenaga honorer itu dibutuhkan untuk penyapu jalan, taman dan pemotong rumput sebanyak 50 orang.

“Persyaratannya minimal pendidikan tamatan SMP. Penambahan petugas kebersihan tersebut, untuk melayani kebersihan di Kecamatan Banyuasin III, Betung, Talang Kelapa, dan Mariana,” tukasnya.

 

TEKS        : DIDING KARNADI

EDITOR      : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster