Jaga Ekosisten, Kualitas Air Sungai Diuji

 342 total views,  2 views today

Ilustrasi Air Terjun Curup Embun Pagaralam| Dok KS

Ilustrasi Air Terjun Curup Embun Pagaralam| Dok KS

PAGARALAM – Upaya menjaga ekosistem sekitar, pengujian kualitas air di hulu sungai dilakukan setiap tahun secara kontinyu. Demikian dikemukakan Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Pagaralam, Drs Agus Ahmad melalui Kasi Pemantauan Kualitas Lingkungan Hilman SE, kemarin.

Dikatakan Hilman, berdasarkan hasil laboratorium tahun lalu (2013) yang dikirim untuk uji laboratorium di Palembang, kualitas air di Bumi besemah masih sangat bagus atau di bawah ambang batas.

“Ya, hasilnya belum ada indikasi tercemar,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada beberapa parameter yang dikirim untuk uji lab, diantaranya Biochemical Oxygen Demand (BOD) 2, kadar keasaman (ph) 6-9, Chemical Oxygen Demand (COD) 10, TSS (Total Suspended Solid) 50, Kekeruhan minus (-), suhu deviasi plus minus 3, Salinitas atau Kadar Garam 0, TDS 1000gr/liter, Dissilved Oxygen 6, dan Daya Hantar Listrik (DHL).

“Sejumlah parameter itu di bawah ambang batas, sedangkan lainnya seperti kekeruhan air sungai tidak ada atau jernih serta tidak mengandung garam,” katanya.

Adapun sejumlah lokasi hulu sungai yang diambil sampel untuk uji lab, diantaranya Selangis Besar, Selangis Kecil, Betung,Sungai Kundur dan Sungai Lematang.

“2014, setiap triwulan kita lakukan uji coba. Sementara triwulan keempat akan kita lakukan lagi termasuk memeriksa kualitas air sumur di beberapa pemukiman penduduk,” tegasnya.

Disinggung mengenai kualitas air di sejumlah pemukiman penduduk yang ada, pihaknya pernah menemukan di beberapa kelurahan padat penduduk seperti Sidorejo, Bangunrejo, dan Besemah Serasan, air sumurnya tercemar bakteri e-coli.

“Kualitas air tercemar kemungkinan berasal dari saluran pembuangan air limbah (Spal) dan septic tank milik warga yang posisnya terlalu dekat lobang sumur,” jelasnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster