Hewan Qurban Sepi Pembeli

 205 total views,  2 views today

Ilustrasi Hewan Qurban | Foto : Bagus Kurniawan

Ilustrasi Hewan Qurban | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Memasuki H-7 Hari Raya Idul Adha 1435 H/2014 M, beberapa tempat penjualan hewan kurban masih terlihat sepi pembeli. Namun menurut salah seorang penjual hewan kurban di kawasan Boom Baru Palembang, Yudi mengatakan, kemungkinan untuk pembeli hewan kurban diprediksi memasuki H-4 Idul Adha.

“Kebanyakan masyarakat yang datang ketempat ini hanya menanyakan harga, namun diprediksi untuk penjualan memasuki H-4 sebelum lebaran baru banyak pembeli,” kata Yudi, Minggu (28/9).

Dia menambahkan, sepinya pembeli juga mungkin dikarenakan beberapa harga komuditi di beberapa daerah mengalami penurunan seperti karet dan sawit yang sekarang harganya turun draktis. Mungkin hal ini juga salah satu penyebab sepinya pembeli, namun diharapkan mendekati lebaran pembeli akan meningkat.

“Kita harapkan agar mendekati H-4 penjualan hewan kurban akan meningkat,” harapnya.

Untuk kambing jantan maupun betina satu ekornya dijual berkisar Rp 1,5 juta sampai Rp 3 jutaan. Sedangkan satu ekor sapi dijual mulai Rp 12,5 juta sampai Rp 17 jutaan. Sapi yang paling mahal saya jual harga perekornya mencapai Rp 15 juta dengan bobot yang sangat besar berjenis Sapi Bali.

“Semuanya tergantung ukuran dan jenisnya. Biasanya juga kalau pembeli mau titip kita bisa kasih panjar setengah harga plus uang makannya untuk sapi maupun kambing kalau dia mau ambil nanti lebaran,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk pembeli sapi kambing biasanya banyak dari instasi ataupun masrakat biasa. Sementara itu dari segi perawatan menurut dia, pemberian makanan dan vaksin ketika terserang penyakit selalu mereka lakukan untuk menjaga kesehatan hewan.

Dia mengaku mendapatkan puluhan hewan kurban yang dijualnya berasal dari daerah Lampung dan dijamin kondisinya sehat dan tidak ada yang cacat sebagai syarat sah untuk hewan kurban.
TEKS   : AMINUDDIN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster