Polda Sumsel Akan Gelar Perkara WNA Malaysia

 398 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam waktu dekat ini akan mengadakan gelar perkara terhadap warga negara asing (WNA) Malaysia, terkait penipuan yang mengakibatkan PT CBL menderita kerugian mencapai Rp2,4 Milyar.

Hal ini langsung dijelaskan oleh Kasubdit I Ditreskerimum Polda Sumsel, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sutriyo. “Kita berencana gelar perkara dilakukan Selasa (30/9) nanti. Baik terlapor maupun pelapor yang datang dari PT Cakra Bumi Langgeng (CBL) Palembang akan kita undang menghadiri gelar perkara nanti,” katanya, Jumat (26/9) kemarin.

Dalam gelar perkara nanti, beber Sutriyo, penyidik akan mengumumkan perkara ini fiktif atau tidak. Jika fiktif, perkara bisa saja dihentikan. Namun, jika tidak fiktif, perkara dilanjutkan.

Begitu diketahui tidak fiktif, masih kata Sutriyo, akan ditentukan kasus ini ditangani unit pidana umum atau pidana khusus. Jika memang pidana khusus, perkara ini akan dilimpahkan ke unit pidana khusus di Polda Sumsel.

Saat ini, lanjut Sutriyo, penyidik sudah memintai keterangan banyak saksi, termasuk keterangan Joni Saragi selaku pemilik PT EMAS. Teranyar, Pahrul Illahi sebagai pihak terlapor bahkan sudah dimintai keterangan.

Adapun statusnya masih sebagai saksi.

“Menurut pelapor, PT EMAS sudah menyalahi kesepakatan terkait uang pajak. Uang pajak yang diserahkan oleh PT CBL kepada PT EMAS tidak dibayarkan sehingga PT CBL mengaku menderita kerugian hingga Rp2,4 miliar,” kata Sutriyo.

Seperti diketahui, diduga PT EMAS tidak melaksanakan kewajiban sesuai dengan kesepakatan sebelumnya dengan PT CBL terkait uang pajak. Akibatnya, PT. CBL sangat dirugikan atas hal tersebut. Meski sudah dilakukan pendekatan secara persuasif, PT EMAS tetap mengingkari kewajibannya.

 

TEKS   : Oscar Ryzal

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster