Perekonomian Ditopang Lewat Jalur Sungai, Warga Embacang Butuh Jembatan

 375 total views,  2 views today

Warga Desa Embacang saat menyeberang sungai | Dok KS

Warga Desa Embacang saat menyeberang sungai | Dok KS

INDERALAYA – Sekitar tiga ratus Kepala Keluarga (KK), yang terdapat di Desa Embacang, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir (OI) saat ini sangat membutuhkan jembatan. Pasalnya, untuk melakukan aktifitas sehari-hari, warga hanya mengandalkan transportasi air. Padahal, sebagian besar warga kerap mengalami kesulitan dalam menjual hasil pertanian maupun mengangkut bahan kebutuhan sehari – hari.

Bila tidak ada jembatan yang dibangun secara permanen membuat pergerakan roda perekonomian di daerah itu sangat terkendala. Nurdin (52), warga desa setempat mengatakan, sampai saat ini alat transportasi yang digunakan masih mengandalkan perahu “pontoon” bila ingin menuju desa lain disekitarnya.

“Untuk mengangkut bahan kebutuhan pokok kami membatasi barang-barang bawaan dengan menggunakan perahu seadanya, hal ini dilakukan agar tidak beresiko. Apalagi kalau air pasang yang menyebabkan sungai meluap. Tanpa jembatan, kami tidak berani menyeberang sungai. Kami berharap pemerintah segera membangun jembatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wahdi, Kepala Desa Embacang, mengatakan saat ini perlu dibangun jembatan penghubung di desanya karena di wilayah tersebut terdapat lebih dari seribu hektar areal persawahan. “Bila sudah didirikan jembatan dapat memudahkan akses transportasi di daerah Embacang dan sekitarnya. “Kalau pembangunan jembatan cepat terealisasi dapat dipastikan berbagai aspek dapat tumbuh dan berkembang seperti halnya bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, maupun pembangunan kantor desa. Atas nama warga desa kami sangat berharap kepada pemerintah untuk segera membangun jembatan demi memudahkan mobilisasi bagi warga,” harapnya.

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster