Lulusan Paket C Belum Terima Ijazah

 289 total views,  2 views today

ijazah

EMPAT LAWANG – Sejumlah lulusan ujian paket C di Kabupaten Empat Lawang, menyesalkan keterlambatan ijazah. Padahal, tidak sedikit ingin mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tapi harapan itu kandas.

Lulusan paket C merasa iri dengan calon peserta yang bisa mendaftarkan diri CPNS, baik itu di Kabupaten Empat Lawang pada posisi Sat Pol PP maupun daerah lain seperti Kabupaten Muratara.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, semestinya ijazah paket C bebarengan turunnya dengan ijazah lulusan sekolah umum hasil ujian nasional (UN), sehingga mereka punya kesempatan mendaftarkan diri pada perguruan tinggi atau mengikuti seleksi CPNS.

“Kami serasa tersisihkan sekali, sehari-hari kerjanya di rumah saja. Sebab tak bisa apa-apa, kalau belum ada ijazah paket tersebut,” sesal salah seorang lulusan paket C yang menolak disebut namanya ketika dibincangi, Jumat (26/9).

Dia berharap Dinas Pendidikan (Disdik) Empat Lawang, mensegerahkan turunnya ijazah mereka. Sehingga mereka, dapat menyusun langkah-langkah kedepannya baik itu mencari pekerjaan maupun melanjutkan kuliah. “Kalau menunggu setahun lagi kuliah, habis dong umur kita,” keluhnya.

Sementara itu Kepala Disdik Empat Lawang, Agusni Effendi melalui Kabid PLS/TK, Suhaidah membantah, pihaknya memperlambat ijazah paket C lulusan pertama. Disdik Empat Lawang terangnya, masih menunggu lembaran ijazah dari Disdik Sumsel.

Nah turun ijazah tersebut bisa diisi nanti oleh PKBM, baru ditandatangani oleh Kepala Disdik. Ini sebut Suhaidah, tidak hanya terjadi di Empat Lawang tetapi juga di kabupaten/kota lain di Sumsel. “Insya Allah blangkonya minggu-minggu ini datang,” jelas Suhaidah.

Kendati belum mendapatkan ijazah katanya, lulusan paket C masih bisa ikut dalam berbagai tes, baik itu CPNS maupun melanjutkan kuliah. Caranya dengan minta surat keterangan lulus dari PKBM yang bersangkutan dan ditandatangani Kepala Disddik. “Di blangko itu, sudah ada nilainya. Kita tidak akan persulit, yang mau ikut tes bisa ambil surat keterangan,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster