Kualitas Udara di Banyuasin Buruk

 293 total views,  2 views today

BANYUASIN – Kondisi udara di Banyuasin dalam kondisi di level buruk. Hal tersebut, berdasarkan dari hasil pengecekan kualitas udara yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Banyuasin, kemarin

Sekertaris BLH Kabupaten Banyuasin, Zainal Maun didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pengecekan Kualitas Udara, Abas kurip menyebut dari hasil pengecekan kualitas udara yang dilakukan Rabu (24/9), diketahui kondisi udara di Banyuasin tak lagi sehat.

Menurut Zainal, saat ini kualitas udara di Banyuasin pada level 100. Sementara kualitas udara dikatakan buruk, jika berada di level 101. Artinya sebut dia, kondisi udara di Bumi Sedulang Setudung tersebut dalam kondisi mengkuatirkan atau kritis.

“Selama 24 jam kita bersama Kementrian Kelautan dan Lingkungan Hidup, melakukan pengecekan kualitas udara. Hasilnya kualitas udara di Banyuasin, dalam kondisi kritis. Ini harus diwaspadai,” terang Zainal saat dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (26/9).

Buruknya kualitas udara di Banyuasin ini sebutnya, diperparah dengan kabut asap yang menyelimuti kabupaten Banyuasin. Dari angka 100 tersebut, jika memasuki angka 101 kondisi udara berarti buruk, dan jika sampai angka 201 maka kondisi udara dapat dikatakan berbahaya,

“Kita akan berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menghimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau pun harus beraktivitas di luar rumah, disarankan untuk menggunakan masker,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Operasi Manggala Agni Kabupaten Banyuasin, Wawan Sukawan menerangkan, hasil pantaun satelit menunjukkan kalau titik api di Banyuasin sudah tidak ada lagi.

Namun kata Wawan, Manggala Agni masih terus memantau kawasan-kawasan yang dianggap rawan seperti kawasan Pelabuhan Tanjung Api-api (TAA) dan kawasan lainnya. “Kalau hari ini, tidak ada titik api yang terpantau. Namun kita tetap siaga, untuk memantau kawasan rawan. Selain itu kita juga disiagakan, untuk membantu pemadaman titik api di Kabupaten OKI,” tukasnya.

 

TEKS           : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster