“Guru Harus Lebih Aktif”

 229 total views,  2 views today

Ilustrasi Guru | Ist

Ilustrasi Guru | Ist

PALEMBANG – Kurikulum 2013 mulai diterapkan di beberapa sekolah yang ada di Kota Palembang termasuk juga MTs Negeri 1 Palembang. Oleh karena itu pada kurikulum 2013 ini sistem pembelajarannya lebih mengarah kepada pendekatan ilmiah terhadap siswa.

Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Palembang, Muhammad Taher mengatakan, dalam penerapan kurikulum 2013 memang banyak mengalami kendala dalam pelaksanaan, namun dia mengharapkan agar guru lebih aktif untuk mengikuti pelatihan dan memperbanyak untuk mempelajari buku kurikulum 2013 yang sudah diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Memang penerapan Kurikulum 2013 di madrasah telah dilaksanakan di seluruh Indonesia meski demikian ia tidak menampik bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 terkendala buku pelajaran siswa yang belum terdistribusi secara merata. Oleh sebab itu dia meminta guru untuk lebih aktif dalam mengembangkan pembelajaran kurikulum 2013 ini,” ungkapnya dalam acara penyuluhan Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Palembang, Jumat (26/9).

Dia memintah agar guru untuk memperbanyak menulis dan mengembangkan karya-karya inovatifnya dengan memberikan tugas mandiri kepada siswa baik berupa portofolio maupun proyek pembelajaran. Yang lebih ditekankan lagi oleh guru di larang memperbanyak buku pembelajaran kurikulum 2013 maupun mengcopy materi pemelajaran kurikulum 2013.

Sementara itu Imam Rohman selaku Kepala Urusan Litbang MTs Negeri 1 Palembang menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 yang berlaku pada kelas VII format penilaianya berbeda dengan format penilaian untuk siswa kelas VIII. Dengan adanya perbedaan itu pihaknya akan berkonsultasi dengan Kemenag Kota Palembag untuk memintanya mengajari dewan guru MTs Negeri 1 Palembang kelas VII cara mengisi format penilaian kurikulum 2013.

“Kita akan melakukan konsultasi dengan Kemenag Kota Palembang untuk format penilaian kurikulum 2013 pada kelas VII,” ungkapnya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster