Dewan Diminta Makzulkan Romi-Harno

 301 total views,  2 views today

Walikota da Wakil Walikota Palembang | Dok KS

Walikota da Wakil Walikota Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palembang, sudah setahun berlalu. Namun keabsahan kursi yang ditempati Romi Herton-Harnojoyo sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Palembang masih terus dipertanyakan.

Kemarin (26/9), ratusan massa yang menamakan dirinya Forum Masyarakat Palembang Menuntut Hak Keadilan (FMPHK), kembali datangi DPRD Kota Palembang. Seperti sebelumnya, mereka mendesak dewan memakzulkan atau memberhentikan Romi-Harno dari jabatannya.

Alasannya, menurut Farizal Rizal, koordinator aksi (korak), dasar hukum pengangkatan keduanya sebagai wali kota dan wakil wali kota adalah produk kejahatan konstitusi. Keduanya sebut Rizal memenangkan Pilkada Palembang 2013 lalu, berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

MK menganulir keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang yang sebelumnya menetapkan pasangan Sarimuda-Nelly Rasdiana, sebagai pasangan terpilih Wali Kota-Wakil Wali Kota Palembang periode 2013-2018.

“Namun putusan MK itu, sudah terbukti didasari hasil suap. Mantan Ketua MK, Akil Mochtar, sudah di vonis seumur hidup. Romi Herton dan istrinya, juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Rizal.

Dengan fakta itu harusnya sebut Rizal, DPRD Palembang berani mengambil keputusan untuk mengembalikkan kedaulatan rakyat Palembang pada 2013 lalu. Caranya, dengan memakzulkan pasangan Romi-Harno.

“Kami berharap akhir dimasa jabatan anggota DPRD Palembang periode 2009-2014, dapat menorehkan hasil yang baik. Karena sudah sepantasnya Romi -Harnojoyo di makzulkan, berdasarkan bukti-bukti yang ada,” terang Rizal.

Mereka ucap Rizal, juga mendesak DPRD Palembang harus mengembalikan putusan KPU Kota Palembang sebelumnya, yakni Surat Keputusan (SK) KPU Palembang Nomor 35 tahun 2013.

“Berdasarkan SK 35 itu, KPU menetapkan pasangan Sarimuda-Nelly Rasdiana sebagai wali kota dan wakil Wali kota terpilih. Hingga saat ini, SK itu tidak pernah dibatalkan. Jadi pasangan itu harus diangkat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang,” ujarnya.

Apabila anggota DPRD Palembang tidak melakukan hal itu menurut Rizal, maka kinerja dewan selama ini perlu dipertanyakan. Rizal menyebut, harusnya DPRD Kota Palembang belajar dengan keberanian DPRD Garut.

Di kabupaten itu, dewannya berani me makzulkan Bupati Garut, Aceng Fikri karena melanggar norma-norma ketimuran. “Di Palembang, sudah terbukti kemenangan pasangan Romi-Harno dalam Pilkada Palembang karena ada suap di MK. Kenapa dewan tak berani mengambil tindakan, untuk memakzulkan pasangan Romi-Harno,” tanyanya.

Rizal mengancam mereka akan terus melakukan aksi, sampai desakan mereka ditindaklanjuti oleh DPRD Palembang. Bahkan Sabtu (27/9), mereka akan kembali melakukan aksi yang sama.

“Kami akan datang kembali besok (hari ini). Sampai mereka (DPRD), laksanakan sidang paripurna untuk menyampaikan pendapat DPRD kepada Mahkamah Agung (MA) terkait pemakzulan Romi Herton-Harnojoyo,” ujarnya.

Menanggapi tuntutan ini, Wakil Ketua DPRD Palembang, Jimmy Oscar Harris mengatakan, dewan sudah menyebarkan undangan kepada 50 anggota DPRD Palembang, untuk mengikuti rapat Banmus terkait tuntutan tersebut.

“Tahap pertama, akan dimulai pukul 09.00 WIB dengan rapat pimpinan. Kemudian akan di bawah ke Banmus. Jika menemukan kata sepakat, dewan akan melaksanakan paripurna.Tapi tidak mungkin berjalan mulus, pasti ada tarik ulur,” ujarnya.

Sambung Jimmy, semua kemungkinan masih bisa terjadi. Termasuk pemakzulan Romi Herton-Harnojoyo. “Bisa saja di makzulkan. Semua kemungkinan bisa terjadi. Termasuk juga tuntutan mereka agar kami meminta pendapat ke MA, terkait status hukum Romi-Harnojoyo. Kemarin pernah ada jawaban, tapi jawaban MA itu ngambang, dipastikan besok (hari ini) semua anggota dewan akan hadir,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster