947 Mahasiswa Sumsel Ikuti OSN 2014

 151 total views,  2 views today

Sebanyak 947 mahasiswa dari 11 perguruan tinggi (PT) negeri maupun swasta di Sumsel mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina yang digelar di Auditorium Unsri Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir Sumsel, | Dok KS

Sebanyak 947 mahasiswa dari 11 perguruan tinggi (PT) negeri maupun swasta di Sumsel mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina yang digelar di Auditorium Unsri Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir Sumsel, | Dok KS

INDERALAYA – Sebanyak 947 mahasiswa dari 11 perguruan tinggi (PT) negeri maupun swasta di Sumsel mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina yang digelar di Auditorium Unsri Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir Sumsel, kemarin. Kegiatan ini juga secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Pembukaan OSN dilakukan Rektor Unsri diwakili Dekan Fakultas MIPA Drs M Irfan MT selaku pihak panitia penyelenggara. OSN juga dihadiri Alicia Irzanova mewakili GM Pertamina Mor-2 Dekan Fakultas MIPA Drs M Irfan MT kepada Kabar Sumatera mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti OSN Pertamina tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

“Pelaksanaan OSN untuk tahun ke tujuh, pada tahun lalu pesertanya 615 mahasiswa dan tahun ini meningkat menjadi 947, rinciannya peserta bidang Matematika 310 mahasiswa, Bidang Fisika 164 mahasiswa, Bidang Kimia 142 mahasiswa dan Bidang Biologi 331 mahasiswa,” ujar Irfan.

Irfan menambahkan, pada OSN Pertamina ini ada dua katagori yakni katagori teori, dan katagori proyek Sains.
“Katagori teori akan mengkompetisikan empat bidang yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, pada katagori ini seleksi dilakukan dua tahapan, yakni seleksi tingkat propinsi dan seleksi babak final tingkat nasional, sedangkan katagori proyek Sains, akan dikompetisikan karya cipta dari tiga bidang yakni aplikasi perangkat lunak (APL),

Rancang Bangun (RB) dan Produk Unggulan (PU), pada katagori ini dilakukan melalui dua babak yakni babak penyisihan dan babak final tingkat nasional,’’jelas Irfan.

Sementara itu, Alicia Irzanova mewakili GM Pertamina Mor-2 mengatakan, OSN Pertamina yang dilaksanakan ini merupakan ajang pihak Pertamina dalam membantu pemerintah untuk ikut peningkatan kualitas pendidikan baik dari sisi penyelenggaraan maupun keikutsertaan di perguruan tinggi.

Di mana katanya, ajang kompetisi ini semakin meningkat jumlah pesertanya, di mana total peserta seluruh Indonesia yang mengikuti OSN Pertamina sebanyak 35 ribu orang, untuk di Sumsel sendiri sebanyak 847 orang mahasiswa.

“Kita berharap Pertamina akan menjadi media untuk kegiatan OSN Pertamina dengan melahirkan ahli-ahli sains dan memunculkan inovasi bagi insan yang berilmu,’’ terangnya seraya mengatakan, pada OSN tahun ini total beasiswa yang akan perebutkan mencapai Rp2 miliar.

 

Teks   : Junaedi Abdillah
EDITOR : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster