Pemkot Pagaralam tertibkan Pemakai Kendaraan Dinas

 201 total views,  2 views today

Ilustrasi Mobil Dinas | Dok KS

Ilustrasi Mobil Dinas | Dok KS

PAGARALAM – Pemerintah Kota Pagaralam melalui Bagian Umum dan Perlengkapan segera melakukan pendataan ulang terhadap sejumlah kendaraan dinas yang banyak berpindah tangan dari pejabat pemegang ke pejabat lainnya. Hal itu dikemukakan Kabag Umum dan Perlengkapan Setdako Pagaralam Drs Marjohan MPd, kemarin (25/9).

Menurut Marjohan, pendataan ulang dilakukan guna mengetahui keberadaan dan peruntukan kendaraan dinas berikut pegawai yang memakainya, baik roda dua maupun roda empat.

Ia mengatakan, selain pendataan kendaraan dinas di Sekretariat Daerah Kota (Setdako) termasuk pula kendaraan dinas di seluruh satker di lingkungan Pemerintahan Kota Pagaralam. Mengingat hal itu merupakan tanggungjawab Bagian Umum dan Perlengkapan.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan pendataan, sehingga administrasi pemegang kendaraan dinas dapat lebih tertib,” katanya seraya berujar sejauh ini ada beberapa kendaraan dinas telah berpindah tangan dan tidak melakukan registrasi ulang.

Kendaraan dinas banyak berpindah tangan terjadi lanjutnya, karena ada pejabat atau pegawai pemegang pertama yang memberikan kepada pejabat lain. Termasuk pula Kepala Satker yang dimutasi atau di rolling jabatan, terkadang ikut serta membawa kendaraan dimaksud ketempat dinas barunya.

“Bagi SKPD maupun PNS yang mesti mengembalikan kendaraan dinas, tentunya dikembalikan ke Bagian Umum terlebih dahulu. Kemudian akan diberikan kembali kepada yang berhak menerimahnya. Namun, jika hal itu tidak dilaporkan, maka data yang ada di Bagian Umum merupakan data lama,” terang Marjohan.

Ia menambahkan, pendataan ulang ini dilakukan demi kelancaran administrasi dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparatur negara. Termasuk mengetahui jumlah dan siapa saja yang menjadi penanggungjawab terhadap pemakaian kendaraan dinas yang ada.

“Sebetulnya pendataan kendaraan dinas merupakan kegiatan rutin guna mengetahui jumlah, siapa saja pemegangnya serta mengetahui kondisi   kendaraan dinas,” ujarnya.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster