Pembentukan Pansus, Rapat Perdana DPRD OI Hujan Interupsi

 240 total views,  2 views today

Ilustrasi Interupsi | Dok KS

Ilustrasi Interupsi | Dok KS

INDERALAYA – Rapat paripurna perdana Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI), periode 2014-2019, dalam pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib DPRD OI dan Kode Etik, di Gedung DPRD OI, Kompleks Perkantoran Terpadu (KPT), Tanjung Senai, Kamis (25/9), dihujani interupsi.

Hujan interupsi berawal saat pimpinan rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD OI, Ahmad Syafei, mengeluarkan opsi pembentukan tiga Panitia Khusus (Pansus), guna membahas Tata Tertib (Tatip), DPRD OI dan Kode Etik.

Selain pembentukan pansus, rapat tersebut juga membentuk fraksi-fraksi yang ada di dewan.

Tercatat, ada tujuh fraksi di DPRD OI yakni Fraksi Golkar, Partai NasDem, PDIP, PAN, PPP, Partai Demokrat dan Fraksi Bintang Kebangkitan Indonesia Raya yang merupakan  gabungan Partai  Gerindra, PBB dan  PKB.

Di dalam rapat terpantau, pimpinan dewan melontarkan wacana adanya pembentukan tiga pansus dalam menentukan tatib dan kode etik.
Namun, hal itu sempat dimentahkan beberapa anggota dewan dan menginginkan pembentukan pensus melalui voting.

Anggota dewan seperi Rahmadi Djafar (PBB), Arhandi Tabroni, Azmi A Hadi (PAN), Wahyudi (PDIP), H. Endang PU Ishak, Irwan Noviatra (Golkar), terlihat mengeluarkan pendapat terkait pembentukan pansus tersebut.

Setelah melalui perdebatan panjang dan hujan interupsi, akhirnya dilakukan voting dan menentukan jika ke depan ada dua pansus untuk menentukan tatib dan kode etik.

Wakil Ketua DPRD OI, Ahmad Syafei mengatakan, sesuai kesepakatan anggota, akan dibentuk dua pansus yakni pansus Tatib dan Pansus kode etik. “Ya, pansus itu akan kita bentuk. Ini akan merevisi tatib dan kode etik yang lama,” ujarnya singkat.

Sekwan OI, Baihaki menambahkan, untuk rapat ini, membentuk dua pansus dan mengumumkan fraksi-fraksi di dewan.

“Ada dua pansus yakni pansus tatib dan pansus kode etik. Kalau fraksi ada tujuh. Enam fraksi utuh dan satu fraksi gabungan,” pungkasnya.

 

Teks    : Junaedi Abdillah

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster