Mantan Sekda Muba Ditahan

 306 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Setelah ditetapkan sebagai tersangka dan terbukti melakukan tindak pidana korupsi (Tipikor) pelebaran dermaga, di Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel).

Yuliansyah yang pernah menjabat sebagai sekretaris daerah (Sekda) Muba ini, beserta seorang tersangka lainnya yang berinisial HG dijebloskan kebalik jeruji penjara oleh pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Kamis (25/9).

Kedua tersangka enggan berbicara saat dijumpai di Kejati Sumsel. Keduanya melangkah cepat menuju mobil tahanan tipikor, yang sudah terparkir di halaman Kejati Sumsel. Keduanya datang tanpa dijemput oleh Kejati Sumsel.

Sebelum diantar ke Rutan Tipikor Pakjo Palembang, kedua tersangka terlebih dahulu menjalani pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan secara tertutup dan berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

Kata Kasi Penkum dan Humas Bidang Intelijen Kejati Sumsel, Zul Fahmi, kedua tersangka akan ditahan di Rutan Tipikor Pakjo Palembang. Penetapan penahanan ini berlaku setelah adanya penandatanganan penahanan dari As Pidsus Kejati Sumsel.

Saat ini, tim jaksa penuntut sudah dibentuk. Tim jaksa penuntut akan diketuai oleh Bimo Suprayoga.

“Selanjutnya, akan ditahan 20 hari dengan masa perpanjang penahanan 40 hari. Tujuanya untuk mempermudah penyidikan,” kata Zul Fahmi.

Jelas Zul Fahmi, saat proyek berlangsung, Yuliansyah menjabat sebagai Sekda Muba. Sementara HG menjabat sebagai Kepala Bidang di Ketatanegaraan Muba.

Saat ini, lanjut Zul Fahmi, Kejati Sumsel sudah memeriksa 16 saksi. Disinggung apakah akan ada tersangka baru, Zul Fahmi masih menunggu fakta di persidangan nanti. Untuk pasal, keduanya dijerat pasal dua dan pasal tiga UU Tipikor.

“Proyek ini menggunakan APBD 2012 dengan anggaran Rp 5 miliar. Untuk kerugian negara, masih menunggu audit dari BPKP Sumsel,” disampaikan Zul Fahmi.

Kedua tersangka diduga sudah melakukan mark-up. Dana yang dianggarkan tidak sesuai dengan lahan dermaga yang akan digunakan. Diduga, sisa dana masuk ke rekening kedua tersangka.

 

TEKS  : OSCAR RYZAL

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster