Penderita ISPA Tembus 16.000 Orang, Dinkes OI Bagikan 3.500 Masker

 259 total views,  2 views today

Petugas DINKES Kab OI Membagikan Masker Kepada Masyarakat | Joen KS

Petugas DINKES Kab OI Membagikan Masker Kepada Masyarakat | Joen KS

INDERALAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Ogan Ilir (OI), mencatat, terhitung sejak Januari-September, penderita penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), mencapai 16.000 orang.

Dari 16 kecamatan, tiga kecamatan yang mendominasi penderita penyakit tersebut diantaranya Kecamatan Pemulutan, Tanjung Batu dan Kecamatan Rantau Panjang.

Plt Kadinkes OI, dr Hj Siska mengatakan, jumlah penderita tersebut hasil rekap Dinkes berdasarkan laporan puskesmas yang ada di OI.
“Ya, tercatat ada 16.000 penderita penyakit ISPA. Angka itu sejak Januari-September ini,” ungkapnya saat ditemui Rabu (24/9), kemarin.
Mantan Dirut RSUD OI ini menambahkan, pihaknya terus melakukan upaya pengobatan terhadap para penderita ISPA, yakni dengan melakukan perawatan baik di puskesmas maupun di RSUD OI.
“Penyebab ISPA bukan hanya faktor kabut asap, namun bisa juga virus, bakteri dan lingkungan,” paparnya.

Untuk meminimalisir penderita ISPA, sambungnya, Dinkes telah membagikan 3.500 masker kepada pengguna kendaraan dan jalan di Kota Inderalaya.

“Selain di jalan, kita juga membagikan masker ke sekolah-sekolah. Alhamdulillah, banyak pihak yang menyumbangkan masker ke Dinkes dan kami akan menyalurkannya lagi,” pungkasnya.

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster