KPPT Pagarlam Segera Inventarisir Gudang Tak Berizin

 284 total views,  2 views today

PAGARALAM – Upaya meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD) kota Pagaralam, pihak Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) akan melakukan penertiban sejumlah gudang yang ada. Mengingat sejauh ini baru sekitar 10 persen saja yang mempunyai izin. Demikian dikemukakan Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Pagaralam Karudin SE MM, kemarin (24/9).

Dikatakannya, pertumbuhan gudang yang ada di Bumi Besemah ini termasuk cukup pesat. Namun yang terjadi hanya pembangunannya saja, tanpa ada izin dari KPPT.

”Banyak bangunan gudang tidak mengantongi izin. Para pengusaha tersebut tidak mendaftarkan gudang mereka untuk dibuat tanda daftar gudang (TDG) ke KPPT Kota Pagaralam,” terangnya seraya berujar saat ini sedikitnya ada 70 gudang yang ada di jantung kota dan dari jumlah tersebut baru 10 persennya saja yang sudah mengurusi izinnya.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi di di kota ini yang kian subur. Bahkan berimbas pada menjamurnya bangunan gudang di wilayah perkotaan. Hanya saja, keberadaannya belum memberikan kontribusi sebagai pemasukan daerah.

“Meski begitu, disinyalir masih banyak yang tidak mengantongi izin. Karena pemiliknya masih enggan mendaftarkan bangunannya ke pihak pemerintah, dalam hal ini ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Pagaralam,” terangnya.

Guna menginventarisir keberadaan bangunan gudang yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang dimaksud, dalam waktu dekat pihaknya akan menegur dan memberi peringatan terkait adanya bangunan tanpa izin. Termasuk pula penggunaan rumah tinggal yang dijadikan gudang. Ia menjelaskan, untuk pemberian izin bangunan gudang tidak sulit hanya ada IMB, SITU, termasuk izin gangguan, retribusinya tergantung luas bangunan.

“Semua ini dilakukan sesuai dengan Perda Kota Pagaralam Nomor 19 Tahun 2010 tentang tanda daftar gudang,” katanya.

 

TEKS  : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster