Tambah Lima Unit Layanan Modal Mikro, PNM Pacu Pembiayaan UMKM

 336 total views,  2 views today

PALEMBANG – Lembaga keuangan nonbank milik negara yang dikhususkan bagi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM pada tahun ini memperluas jaringan layanannya di Sumatera Selatan. Ini dipicu guna meningkatkan penyaluran pembiayaan ke sektor  UMKM di Sumsel yang dinilai masih memiliki potensi cukup besar untuk maju dan berkembang.

Pemimpin PT PNM Cabang Palembang, Hardian mengatakan ditengah besarnya potensi dan prospek sektor UMKM di Sumsel, PT PNM bakal menambah 5 Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) di Sumsel. Saat ini pihaknya telah memiliki 15 unit jaringan UlaMM, dua cluster dan satu cabang.

“Potensi dan prospek jaringan ULaMM  kini sangat bagus karena dibeberapa daerah yang tersebar telah menunjukan pertumbuhan yang positif, pastinya penambahan jaringan Ulamm akan kita tempatkan dibeberapa daerah yang potensial dan bagus untuk perkembangan bisnis UMK di Sumsel,” katanya saat ditemui distand Pameran MTQ Expo di PSCC, Selasa (23/9).

Dijelaskannya, prospek bisnis UMK di wilayah ini baik untuk digarap ke depannya. Banyak potensi di berbagai sektor usaha, terutama bidang perdagangan seperti kerajinan dan kuliner oleh para pelaku usaha kecil yang memerlukan pendanaan dalam pengembangan usahanya.

Jaingan Ulamm, menurutnya juga tak hanya lembaga pembiayaan, namun juga disertai jasa pembinaan, pelatihan dan pendampingan usaha bagi nasabah UMK. “Artinya, selain mendapatkan pinjaman modal usaha, nasabah UlaMM pun memiliki kesempatan untuk bisa berkembang kapasitas usahanya sekaligus mempercepat kemajuan usahanya,” ungkapnya.

Sejak tahun 2012 lalu, kata Hardian,  nasabah PT PNM telah mencapai 7000 nasabah. Sementara untuk dana yang telah disalurkan telah mencapai Rp 100 miliar yang tersebar seluruh Kabupaten di Sumsel.

Sementara dalam keikutsertaan  di ajang MTQ Expo ini, Hardian menjelaskan pihaknya memperkenalkan hasil dari UMKM nasabah  binaan ULaMM. Diantaranya ada pernak- pernik, pakaian, makanan dan lainnya. Pihaknya berharap dengan adanya pameran ini dapat memperkenalkan produk layanan dari PNM.

“Target kita lebih ke pengetahuan bagi masyarakat bahwa PNM ini memberikan bantuan pembiayaan kepada pelaku UMKM. Selain itu, kita juga mau mengenalkan produk- produk UMKM yang merupakan debitur kita,” tutupnya.

 

TEKS    : AMINUDDIN

EDITOR  : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster