Pilkada OI Tunggu Keputusan RUU Pilkada

 247 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

INDRALAYA – Tarik ulur Rancangan Undang-Undang (RUU), Pilkada yang saat ini masih bergulir di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Pusat, berimbas pada Pilkada OI, yang rencananya digelar pada 2015 mendatang. Baik KPUD, Panwaslu, Partai Politik (Parpol),  hingga para calon bupati yang ingin maju masih menunggu keputusan tersebut. Beberapa nama calon dan partai yang sebelumnya bergerilya untuk mencari dan melamar calon bupati, kini mulai redup.

Ketua KPU OI, Anahrir, Selasa (23/9), mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu hasil sidang terkait RUU Pilkada yang rencananya diputuskan pada 25 September mendatang, meski Ogan Ilir (OI), pada 2015 nanti akan melangsungkan Pilkada.

“Ya, saat ini kita masih menunggu keputusan sidang terkait RUU Pilkada, apakah disahkan atau ditolak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, meski demikian, pihaknya masih terus menyusun program untuk menghadapi Pilkada OI yang akan berlangsung pada 2015 mendatang. “Kita tetap menunggu, disamping itu, kita persiapkan program karena OI akan menggelar Pilkada. Kita masih mengacu pada UU No 32 tahun 2004 dan perubahan tentang pemerintah daerah,” katanya.

Disinggung komentar mengenai RUU Pilkada, Anahrir menjelaskan, pihaknya tidak bisa berkomenter terkait RUU Pilkada yang saat ini sedang bergulir.

Menurut Anahrir, pihaknya hanya menjalankan tugas dan fungsingya sebagai penyelenggara pemilu. “Jika disahkan, kita lihat dulu, pasti ada pasal-pasal yang menghubngkan dengan penyelenggara pemilu seperti KPU dan Panwaslu. Dan pastinya ada uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK), oleh elemen masyarakat yang menolak. Jika RUU Pilkada di tolak, maka tetap kembali seperti biasa,” ujarnya.

Lanjut Anahrir, jika keputusan RUU Pilkada ditolak, pihaknya pada pertengahan Oktober mendatang akan membentuk badan penyelenggra di bawah seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Kalau ditolak, ya kita segera bentuk. Tapi sekali lagi kita masih menunggu keputusan tersebut,” pungkasnya.

 

TEKS   : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster