Pelaku UMKM Ramaikan Expo MTQ

 337 total views,  2 views today

PALEMBANG – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut meramaikan Expo MTQ Internasional. Bukan hanya pelaku UMKM dari Sumsel bahkan dari provinsi lain pun ikut memamerkan produknya pada pagelaran MTQ Internasional kali ini.

Seperti halnya Pamungkas, owner Kerajinan Pamungkas Jateng mengatakan, dengan adanya pameran MTQ ini diharapkan mampu meningkatkan omzet serta memperkenalkan jenis Kain Tenun Teroso yang unik dan sedang digandrungi di dunia fashion kepada warga yang datang ke pameran ini.

“Kita menjual kain tenun teroso khas pengerajin Jepara. Disini kita menjual kain dan pernak-pernik yang bahannya dari kain teroso,” ujarnya, Selasa (23/9).

Selain itu di stand ini juga menjual beberap jenis corak kain teroso, diantaranya corak barong dan rangrang. “Untuk harga yang dijual bervariasi mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu untuk satu lembar Kain Teroso,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk menghasilak kain teroso ini pihaknya memperkerjakan sebanyak 20 orang pengrajin Jepara yang memiliki keahlian dibidangnya.

“Setiap minggu para pengrajin bisa memproduksi sebanyak 50 lembar kain. Jenis Kain teroso yang paling banyak diminati yaitu jenis rangrang,” ujarnya.

Sementara itu sala satu pengujung stand, Anita mengatakan, ini merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat untuk melihat ciri khas daerah-daerah yang ada di Indonesia karena banyak pelku UMKM yang ikut membuka stand. “Hitung-hitung kita beli oleh-oleh,”cetusnya.

Pengunjung lainnya, Anis mengungkapkan sangat tertarik dengan pameran yang ada karena tidak membosankan berbagai kerajinan di pamerkan di sini seperti di stand pertama ada batu cincin. “Saya sangat tertarik dengan beberapa batu cincin yang dijual disalah satu stand. Nanti bisa dipilih untuk langsung saya beli,” ujarnya.

 

TEKS   : AMINUDDIN

EDITOR   : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster