Anggaran Disdikpora Palembang Terancam Dicoret

 223 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – DPRD Kota Palembang mengancam akan mencoret anggaran yang diajukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang. Ancaman itu dilakukan, karena adanya dugaan penyelewengan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2013 di Disdikpora.

Ketua Komisi IV DPRD Palembang, M Syafran Syarofie mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya segera memanggil kepala Disdikpora Palembang, Ahmad Zulinto. Menurutnya, hal itu bertujuan meminta klarifikasi terkait permasalahan yang melibatkan Kepala Sekolah (Kepsek) dan Kabid Disdikpora atas penyelewengan DAK 2013.

“Kasus ini sudah ada tersangka. Akibat permasalahan ini, negara mengalami kerugian. Nah, agar kejadian itu tidak terulang kembali, maka pengajuan anggaran tambahan dari Disdikpora di APBD Perubahan akan kami evaluasi kembali,” kata Syafran, Selasa (23/9).

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan, kejadian itu telah mencoreng nama baik Kota Palembang. Karena belum lama ini, Palembang baru menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkue), sebagai salah satu daerah yang pengelolaan Keuangan baik. “Dalam permasalahan ini, ada 70 Kepsek dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang terlibat,” sebutnya.

Ia menerangkan, dengan memiliki keterangan langsung dari Kepala Disdikpora dan sejumlah oknum yang diduga terlibat dalam kasus itu maka Komisi V bisa mengambil sikap, dengan membuat rekomendasi ke instansi terkait lainnya dalam hal ini Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Sekda. “Jadi selain di pidana, oknum tersangka itu juga akan ada mendapat sanksi lain dari Pemkot Palembang,” tegasnya.

Selain itu, Syafran menambahkan, pihaknya menyarankan kepada Pemkot Palembang agar aktif dalam penyelesaian masalah itu. Sehingga kedepannya, dapat tercipta pemerintahan yang bersih. “Sebagai lembaga pengawasan, kami hanya bisa melakukan rekomendasi saja kepada pemkot,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster