Retribusi IMB Capai Rp 38,7 M

 240 total views,  2 views today

Ilst. Retribusi

Ilst. Retribusi

PALEMBANG – Pembangunan di Palembang, nampaknya semakin pesat. Hal itu setidaknya ditunjukkan dengan banyaknya berkas Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yang sudah diterbitkan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Palembang.

Sepanjang tahun ini menurut Kepala KPPT Palembang, Diankis Julianto, sudah 1.016 berkas IMB yang diterbitkan oleh KPPT. “Angka ini meningkat sekitar delapan persen, jika dibandingkan 2013,” kata Diankis yang dibincangi, Senin (22/9).

Menurut Diankis, dari 1.016 IMB yang sudah diterbitkan tersebut, retribusi yang berhasil di kumpulkan sebesar Rp 38,7 miliar. Angka itu, sudah sudah termasuk retribusi biaya cetak sebesar Rp 111 juta. “Ini menunjukkan pembangunan di Palembang, semakin berkembang. Karena para pengusaha menilai investasi di Palembang, semakin menjanjikan,” terangnya.

Diankis menyebutkan, saat ini retribusi IMB menjadi salah satu retribusi terbesar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Palembang. “Alhamdulillah, setiap tahun geliat pembangunan semakin membaik. Diperkirakan pengajuan IMB akan semakin bertambah lagi kedepannya, apalagi Palembang menjadi salah satu kota yang sering mengadakan event-event bertarap internasional,” jelasnya.

Diankis mengaku, pihaknya melayani 32 jenis perizinan. Setiap hari KPPT menerima 200-300 berkas, dimana 30 persennya adalah IMB. Menurutnya, pengajuan izin di metropolis saat ini tidak lagi berbelit-belit dan membutuhkan waktu lama.

Jika syarat lengkap, izin yang diajukan itu akan terbit paling lambat 14 hari. “Setelah semua proses lengkap, izin akan kami terbitkan. Tetapi apabila tidak memenuhi syarat, kami tidak akan terbitkan karena pastilah tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster