PLTS Palembang Akan Hasilkan 500 KW Listrik Perjam

 347 total views,  2 views today

Ilustrasi Listrik | Ist

Ilustrasi Listrik | Ist

PALEMBANG – Pengelolaan sampah yang selama ini menjadi kendala di Palembang, kedepannya tidak akan terjadi kembali.Pasalnya, dalam waktu dekat di metropolis bakal dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS).

Pembangunan PLTS tersebut, dibiayai dari dana hibah Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebesar Rp 20 miliar. “PLTS tersebut, tengah dikerjakan. Akhir tahun , ditargetkan selesai sehingga diharapkan bisa operasional untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo yang dibincangi, Senin (22/9).

Menurut Harno, pembangunan PLTS itu dibiayai dari dana Kementrian ESDM. Jika telah selesai, pengelolaannya akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Listrik yang dihasilkan dari PLTS tersebut, akan dijual ke PT PLN. “Saya kira PT PLN mau, karena itu untuk membantu mereka dalam hal daya listrik,” ujarnya.

Pembangunan PLTS tersebut dilakukan oleh PT Pasadena Engenering Indonesia (PEI). Direktur PT PEI, Trio Chadys menyebut, PLTS ini dibangun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan.

“Saat ini, kami tengah melakukan pengeboran tumpukan sampah. Setelah itu, dilakukan pemipaan vertikal dan horizontal, kemudian pembangunan hangar untuk kantor meliputi ruang operator, panel room, pemasangan demister, fan, flaring monitoring sistem genset, cooling system, trafo dan penyambungan listrik ke jaringan PLN,” bebernya.

Ia menargetkan, PLTS tersebut selesai akhir tahun ini. Jika telah selesai, maka akan menghasilkan listrik sebesar 500 Kilo Watt (KW) perjam. Dengan produksi sampah Kota Palembang yang mencapai 500-600 ton perhari, ia yakin kebutuhan bahan baku untuk PLTS itu akan tercukupi.

“Sampah yang ada di TPA Sukawinatan, sudah terbentuk. Kita tinggal merapihkan saja, untu dibuat terasering dan dilakukan pengeboran. Proyek seperti ini, sudah pernah kami lakukan di TPA Bantar Gebang, Bekasi. Sehingga kami optimis bisa diselesaikan di Desember mendatang,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster