Pameran Rumah Rakyat Expo 2014, Fasilitasi TBUM Khusus PNS

 314 total views,  2 views today

Ilustrasi Rumah | Ist

Ilustrasi Rumah | Ist

PALEMBANG – Ajang Pameran Rumah Rakyat Expo 2014 yang diselenggarakan di Ampera Convention Center pada 20 – 28 September ini selain, memberikan beragam kemudahan dalam memiliki hunian bagi masyarakat umum juga menawarkan layanan pinjaman uang muka, down Payment (DP) khusus pegawai negeri sipil (PNS).

Fasilitas ini dihadirkan oleh Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) yang standnya hadir di pameran perumahan untuk menawarkan bantuan perumahan bagi PNS yang membutuhkan.

Beberapa bantuan tersebut yang dapat dimanfaatkan oleh abdi negara yang ingin memiliki hunian antara lain Tambahan Bantuan Uang Muka (TBUM) Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yakni bantuan yang diberikan kepada PNS dalam rangka membantu uang muka pembelian rumah yang dilakukan melalui fasilitas KPR.

Toto Sugiarto Staf Pelaksana Bapertarum PNS saat ditemui di stannya mengatakan, fasilitas TBUM berbentuk pinjaman lunak yang diberikan memenuhi sebagian pembelian rumah. Adapun pinjaman tersebut yang diterima PNS adalah maksimal Rp 30 juta hanya untuk pembelian rumah KPR FLPP.

“Semua  PNS dari golongan I-IV dapat menikmati fasilitas kemudahan ini, dengan syarat masa kerja minimal 5 tahun dan pastinya bagi meraka yang belum memiliki rumah,” kata Toto, Senin (22/9).

Dijelaskannya, pinjaman TBUM memiliki jangka waktu paling lama 15 tahun. Pembayaran dilakukan bersamaan anggsuran KPR perbulan melalui bank pelaksana yakni Bank BTN. Untuk penerapan bunganya, tergantung pada golongan PNS, mulai 3,25 persen hingga tertinggi 7 persen bagi PNS golongan VI.

“Bagi PNS Golongan I, II dan III yang memanfaatkan fasilitas ini juga berhak diberikan kemudahan lainnya yang diberikan Bapertarum, mereka juga akan mendapat potongan cuma-cuma hingga dari Rp1,8 juta dari total pinjamannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Eko Andi Asisten Staf Pelaksana Bapertarum menambahkan  sejak awal tahun lalu Bapertarum PNS juga telah meluncurkan fasilitas layanan akun individu atau individual account Tabungan Perumahan (Taperum) bagi para abdi negara.

Hadirnya fasilitas tersebut untuk mempermudah para PNS untuk mengakses jumlah taperum yang dimiliki secara online baik melalui website maupun handphone.
Program memungkinkan bagi PNS untuk melakukan cek saldo Taperum sehingga dapat diketahu  secara luas oleh para PNS di seluruh Indonesia.

“Bapertarum PNS  memiliki program yang sangat baik yakni Akun Individu Taperum PNS. Jadi para PNS bisa mengetahui secara langsung berapa sih jumlah saldo Taperum yang mereka miliki, selama ini banyak PNS yang tidak mengetahui berapa
jumlah uang yang terkumpul dari potongan bapertarum PNS. Padahal, mereka juga memiliki hak untuk memanfaatkan dana Taperum tersebut untuk uang muka rumah yang ingin mereka beli,” tutupnya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster