HBA Janjikan Motor Trail untuk Kades

 260 total views,  2 views today

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri menjanjikan bantuan kendaraan dinas berupa motor trail bagi kepala desa (kades) di Empat Lawang. Dengan motor tersebut, diharapkan kinerja kades terutama dalam memantau wilayahnya lebih maksimal.

“Nanti kades kita bantu moor trail, agar mereka lebih mudah naik dan turun bukit mengecek wilayah nya terutama yang berada di pelosok-pelosok daerah talang,” kata HBA baru-baru ini.

Kenapa motor trail, menurut HBA itu karena letak geografis Empat Lawang masih banyak berupa perbukitan. Apalagi daerah pertalangan dan dusun jauh, itu juga harus dijangkau kades selaku perpanjangan tangan pemerintah daerah.

Dengan blusukan, kades bisa mengetahui semua keadaan tentang desa, termasuk kebutuhan jalan, bangunan sekolah dan fasilitas umum lainnya. Jangan sampai kades tidak mengetahui desanya butuh jalan atau yang lainnya, jadi minimal dua kali dalam sebulan kades mesti keliling. “Kalau sudah ada motor trail, tak ada alasan lagi kades tidak bisa keliling. Jangan diam saja di rumah,” ucap HBA.

‪Selain kades lanjutnya, bantuan motor trail ini juga akan diberikan kepada lurah. Bantuan sepeda motor trail untuk 156 kades dan lurah di Empat Lawang ini jelas HBA, akan diberikan bertahap.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang sebutnya, akan lebih memprioritas kades yang wilayah yang lebih membutuhkan seperti desa wilayah perbatasan. Nah, persoalan motor dinas lama jenis bebek, dapat digunakan oleh sekretaris desa (sekdes). Sehingga sekdes, bisa memaksimalkan kinerjanya dalam mengurus administrasi desa. “Insya Allah, 2015 sudah bisa diserahkan dan dimanfaatkan kades,” janjinya.

Namun sambung HBA, kades harus dapat menjaga ketentraman desa yang dipimpin. Keamanan desa tegasnya, menjadi tanggung jawab kades. Makanya edaran larangan pesta malam, harus terus disosialisasikan kemasyarakat agar biang keributan dapat di minimalisir.

Kades terang HBA, harus fokus mengurusi desa yang dipimpinnya. Jika itu berjalan, ia yakin, maka setiap desa di Empat Lawang akan tentram dan aman. “Kades mempunyai tanggungjawab besar. Jika kades fokus ke masing-masing desanya, insya Allah image negatif Empat Lawang akan hilang. Karenanya, jika masih ada gelanggang atau perjudian bahkan ladang ganja di desa yang dipimpinnya, kades harus bertangggungjawab. Kades itu akan mendapatkan sanksi, bahkan bisa sampai pemecatan,” tukasnya.

 

TEKS        : SAUKANI

EDITTOR     : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster