Dinkes OKI dan RSUD Kayuagung Bagikan Ribuan Masker

 258 total views,  2 views today

Kadinkes OKI sedang membagikan masker kepada para pengendara. | Foto : Donny Afriansyah

Kadinkes OKI sedang membagikan masker kepada para pengendara. | Foto : Donny Afriansyah

KAYUAGUNG – Guna menekan jumlah penyakit ISPA akibat kabut asap serta polusi udara yang tercemar, khususnya di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dua instansi di Bumi Bende Seguguk, Senin (22/9) yakni  Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung, membagikan ribuan masker kepada para pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas di kawasan jalan protokol Kayuagung.

Para instansi itu juga melibatkan anggota PMI dan PMR, setidaknya kemarin membagikan 15000 masker kepada pengendara secara gratis.

Direktur RSUD Kayuagung, Dr Fikram, mengatkan pembagian masker tersebut dilakukan sebagai bentuk bhakti sosial  untuk mencegah berbagai penyakit akibat dari dampak pembakaran hutan yang menyebabkan polusi udara di wilayah bende seguguk ini

“Khusus rumah sakit jumlah masker yang dibagikan sebanyak  5000 masker kepada pengguna jalan,” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan pembagian masker tersebut dilakukan atas perintah dan inisiatif dari Ibu Lindasari Iskandar, agar masyarakat OKI terhindar dari serang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). “Kami sangat menyambut baik atas intruksi dari Ibu Lindasari Iskandar, sebab itu kami akan mempromosikan Ibu Lindasari Iskandar sebagai Ketua PMI Kabupaten OKI periode 2014-2019,” ungkapnya.

Fikram juga menambahkan, pihak rumah sakit juga akan memberikan tindakan pencegahan ISPA akan menyerang warga. Maka itu, diharapkan kepada masyarakat apabila ada gejala sesak napas cepatlah dibawa ke rumah sakit terdekat. Karena, apabila didiamkan begitu saja bisa mengakibatkan patal.

“Kalau sudah terasa sesak dan sakit ditenggorokan cepat diobati,” saran Fikram

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan M Lubis  SKM MKes, mengatakan,  tujuan pembagian 10.000 masker ini merupakan sebagai ajang untuk mengajak masyarakat Kabupaten OKI, menggunakan masker sebelum berpergian diluar rumah di karenakan indeks standar pencemaran udara pada kondisi yang tidak sehat.

“Kami telah melakukan pembagian masker ini usai upacara peringatan hari Perhubungan Nasional di halaman upacara kantor Bupati OKI, kepada para PNS yang ikut dalam upacara tersebut. Dilanjutkan kesejulamlah jalan raya dengan membagi tugas di beberapa titik, yakni di lampu merah depan dinas kesehatan, simpang srikelang, pasar dan terminal kayuagung,” ujarnya sembari mengatakan pembagian masker tersebut juga dilakukan di 29 puskesmas yang berada di OKI.

Lanjutnya, semakin tebalnya kabut asap yang berada di OKI mulai dikeluhkan banyak orang, apalagi kabut asap bisa menyebabkan masyarakat sesak pada bagian dada dan dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), sebab itu, sekarang ini kami memberikan himbauan sambil membagikan masker kepada masyarakat.

“Di sarankan kepada masyarakat OKI, agar kiranya memakai masker pada saat bepergian karena asap dan debu dampak dari pembakaran hutan dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA),” tandasnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster