83 Peserta MTQ Internasional Siap Unjuk Kobolehan

 333 total views,  2 views today

Resmikan Lembaga Kaligrafi - Gubernur Sumsel, Alex Noerdin diberikan sebuah kaligrafi berupa namanya dari Master kaligrafi Nasional, H. Didin Sirojudin setelah meresmikan Lembaga kaligrafi dan Pameran Expo dalam rangka menyambut penyelenggaraan MTQ Internasional di Halaman Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Senin (22/9). MTQ Internasional sendiri akan di resmi dibuka oleh Wakil Presiden hari ini.  Foto : Bagus Kurniawan/KS

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin diberikan sebuah kaligrafi berupa namanya dari Master kaligrafi Nasional, H. Didin Sirojudin setelah meresmikan Lembaga kaligrafi dan Pameran Expo dalam rangka menyambut penyelenggaraan MTQ Internasional di Halaman Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Senin (22/9).  Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Sebanyak 83 peserta dari 40 negara, sudah menyiapkan penampilan terbaiknya untuk melantunkan irama-irama ayat suci Alqur’an pada MTQ Internasional, yang secara resmi dibuka Selasa (23/9) malam.

Acara-acara pendukung MTQ di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), seperti pameran pun secara resmi sudah dibuka oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, Senin (22/9). “Semua persiapan sudah matang, mulai dari perlengkapan, penginapan, dewan hakim nya sudah ada, serta pesertanya sendiri besok (hari ini) sudah lengkap. malamnya, MTQ akan segera kita buka,” kata Alex dibincangi, kemarin.

Sementara itu, Koordinator Dewan Hakim MTQ Internasional 2014, Said Aqil Husin Almunawar mengatakan, untuk penilaian pada umumnya sama seperti ajang sebelumnya yang sudah pernah digelar.

Namun menurut dia, ada beberapa perbedaan dalam memberikan penilaian kepada masing-masing peserta. “Kriteria penilaian sama seperti penilaian di MTQ Internasional lainya, hanya saja ada beberapa keistimewaan. Diantaranya, kalau di MTQ internasional lainya seorang peserta ketika tampil di cabang takfis dan peserta tersebut tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan maka tidak diberi nilai. Namun kali ini, tetap mendapatkan nilai,” jelasnya.

Dengan sistem penilaian yang istimewa tersebut, menurutnya akan ada persaingan yang berat antar peserta. Tentunya, yang dikirim untuk mewakili negara merupakan peserta pilihan dengan kemampuan yang terbilang mahir dalam hafalan dan pemahaman ayat-ayat Alquran.

“Persaingan akan cukup ketat karena melihat sebagian besar peserta merupakan orang-orang yang sudah biasa mengikuti berbagai event MTQ Internasional di beberapa negara lain. Untuk perwakilan Indonesia, disiapkan peserta yang terbaik dan siap bertanding diantaranya ada tiga orang peserta untuk cabang tafis dan dua orang di cabang tilawah. Sementara, Pemenang akan diambil juara satu sampai enam. Semuanya akan diberi hadiah yang telah disiapkan,” ujarnya.

Melalui gelaran MTQ internasional, ia mengharapkan ada keberlanjutan untuk event yang sama di tahun-tahun mendatang. Karena, selain dapat meningkatkan syiar Islam yang dapat disaksikan langsung oleh masyarakat luas.

Juga bisa menambah wawasan bagi para generasi muda, mengenai keberagaman dalam melafazdkan. Tiap-tiap negara dibelahan dunia akan mempunyai ciri khas tersendiri baik dalam membacakan dan membawakan ayat-ayat Al Quran. “MTQ Internasional ini, diharapkan akan terus ada lagi,” tukasnya.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster