Warga Tuding PDAM Betung Tak Bertanggung Jawab

 251 total views,  2 views today

Kondisi jalan galian pipa PDAM. | Dok KS

Kondisi jalan galian pipa PDAM. | Dok KS

BANYUASIN – Optimalisasi PDAM di Kecamatan Betung memang sudah dinanti nantikan masyarakat kecamatan Betung sejak beberapa tahun silam. Hal ini dikarenakan sulitnya warga kelurahan Betung, kelurahan rimba asam dan beberapa desa lainnnya mendapatkan air bersih disaat musim kemarau.

Karena itu, pihak pemerintah kabupaten Banyuasin mengupayakan pengoptimalisasian PDAM di kecamatan Betung termasuk perbaikan dan penambahan saluran pipa kejalur perumahan masyarakat. Namun dalam pelaksanaan optimalisasi ini malah menimbulkan sejumlah permasalahan baru bagi warga setempat.

Heri (39) salah satu warga kelurahan Betung menyayangkan pihak pelaksana proyek ini terkesan kurang bertanggung jawab, ini terlihat banyaknya bekas galian pipa PDAM yang tidak ditimbun kembali sehingga menimbulkan lubang-lubang disepanjang penanaman pipa PDAM tersebut.

“Pihak pelaksana terkesan kurang memperhatikan para pekerja gali, sehingga tanah yang sudah digali untuk penanaman pipa tidak diurug dan diratakan kembali seperti semula. Hal ini membuat tonjolan tanah dan lubang diberbagai titik hingga terkesan amburadul,” ungkap Heri, Ahad (21/9).

Belum lagi adanya penggalian corbeton jalan untuk pemasangan pipa yang menyeberangi jalan dibeberapa titik, hingga kini jalan yang sudah digali tersebut tak kunjung dicor seperti semula.

‘Itu sama saja mengoptimalkan salah satu proyek dengan merusak infrastruktur yang ada,” imbuh Heri.

Kepala PDAM cabang Betung Edy Wijaya mengatakan, bahwa pihak pelaksana proyek kegiatan optimalisasi PDAM Betung yang dikerjakan CV Excon Contraco  melalui dana APBD Kabupaten Banyuasin tahun anggaran 2014 telah berjanji. Usai penggalian beberapa ruas jalan cor beton yang terkena pemasangan pipa PDAM, pihaknya akan memperbaiki kembali sesuai dengan keadaan semula.

“Dari pemborong mengatakan pada saya bahwa penggalian jalan cor beton tersebut akan diperbaiki seperti semula setelah selesainya pemasangan pipa, namun hingga kini belum terealisasi,” ungkap Edy Wijaya

Ujar Edy, pihak PDAM sangat menyayangkan dan kecewa atas kurang tanggung jawabnya pihak pelaksana atas kerusakan jalan tersebut hingga menyebabkan beberapa titik ruas jalan terbelah menimbulkan lubang memanjang dan menimbulkan keretakan pada sisi corbeton yang telah digali tersebut.

Sementara itu, pihak penanggung jawab optimalisasi PDAM Betung CV Excon Contraco saat dikonfirmasi via handphone hingga berita ini diturunkan belum bisa dihubungi.

 

TEKS     : DIDING KARNADI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster