Stockfile PTBA Terancam ditutup

 296 total views,  2 views today

Debu Batu Bara yang berterbangan saat kapal sedang memuat Batu Bara di salah satu Dermaga di Sungai Musi. Foto ; Bagus Kurniawan

Debu Batu Bara yang berterbangan saat kapal sedang memuat Batu Bara di salah satu Dermaga di Sungai Musi. Foto ; Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Dinas Keseharan (Dinkes) Palembang, dalam waktu dekat segera meninjau lokasi bongkar muat batubara milik PT Bukit Asam (PTBA) yang berada di belakang Stasiun Kereta Api (KA) Kertapati. Pasalnya berdasarkan informasi, stockfile batubara tersebut menyebabkan warga sekitar mengalami gangguan kesehatan.

Kepala Dinkes Palembang, Anton Suwindro mengatakan, apabila gangguan kesehatan warga terbukti karena stockfile batubara milik PT BA itu, maka Dinkes akan merekomendasikan kepada dinas terkait seperti Dinas Pertambangan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk menutup izin operasional stockfile batubara tersebut.

“Debu batubara itu sangat berbahaya, beresiko tinggi bagi kesehatan. Apabila terbukti ada warga sakit karena debu batubara, kami akan tindak tegas, bisa sampai dengan penutupan,” kata Anton belum lama ini.

Menurut Anton, masalah seperti itu sudah pernah terjadi di Kecamatan Kertapati yakni masalah debu dari PT Semen Baturaja dan hingga sekarang tidak ada penyelesainnya. “Jangan sampai kejadian di Semen Baturaja terjadi juga di PT BA,” harapnya.

Ditanya apakah lokasi stockfile batubara itu sudah sesuai atau belum, Anton menjawab, pihaknya akan cek kembali apakah sesuai dengan mekanisme atau tidak. “Jika masyarakat yang lebih dulu disana, maka PT BA harus memiliki izin masyarakat. Sebab, masyarakat harus tahu dampak yang akan mereka dapatkan dari aktifitas keberadaan Stockfile batubara tersebut,” terangnya.

Selain itu, Anton menambahkan, jika izin aktifitas stockfile batubara diberikan masyarakat, PT BA harus bertanggung jawab terhadap akibat yang di timbulkan termasuk dengan menutup lokasi aktifitas jika memang dampak yang di berikan sudah sangat membahayakan kehidupan masyarakat sekitar lokasi. “Perusahaan, jangan hanya memikirkan keuntungan semata, hal lain yang menyangkut kehidupan juga harus dipikirkan,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster