Kemenpera Gelar Pameran Rumah Rakyat Expo 2014

 300 total views,  2 views today

Ilustrasi Rumah | Ist

Ilustrasi Rumah | Ist

PALEMBANG – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), melalui Pusat Pembiayaan Perumahan (PPP) menggelar ajang pameran perumahan “Rumah Rakyat Expo 2014” yang berlangsung di Ampera Conventions Center, Benteng Kuto Besak, sejak 20 hingga 28 September mendatang.

Pameran ini diikuti oleh 80 peserta terdiri dari para pengembang, bank pelaksana dan mitra kerja lainnya. Berbagai pilihan lokasi, tipe sekaligus harga rumah yang sesuai kebutuhan masyarakat berjejer dalam ajang pameran ini.

Dalam pameran perumahan tersebut harga rumah yang ditawarkan maksimal Rp 118 juta dan dapat dimiliki masyarakat dengan memanfaatkan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan dengan suku bunga 7,25 persen dan angsuran tetap selama masa tenor 20 tahun.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Keuangan, Kemenpera, Nyoman Shuida dalam pembukaannya mengatakan pameran ini dilaksanakan di sebelas kota yaitu, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Surabaya, Semarang, Bekasi, Tangerang dan Karawang.

“Pameran ini sekaligus merupakan sarana edukasi untuk berbagai pihak terkait. Masyarakat bisa tahu bahwa pemerintah menyediakan KPR dengan bunga rendah,” katanya, Minggu (21/9).

Dikatakannya, tujuan utama pameran ini adalah sebenarnya hanya untuk mempertemukan suplai rumah dari pengembang dan demand dari pembeli. Selain itu, pameran menghadirkan bank sebagai intermediator.

“pengembang menemukan calon pembeli yang sebenarnya cukup banyak, dan bank juga semakin paham perannya untuk mediasi, jika sudah menemukan rumah yang sesuai dengan selera dan lokasi yang diinginkan, calon pembeli bisa berkonsultasi kepada bank untuk pembiayaannya,” ujarnya.

Menurutnya, pameran seperti ini turut serta dalam mengatasi kekurangan rumah (backlog) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MB). Secara nasional dia mencatatkan backlog telah mencapai 15 juta hingga tahun 2014 ini.

Sementera, Asisten Ekonomi & Pembangunan Setda Pemprov Sumsel, Ruslan Bahri  mengatakan pemeran rumah rakyat expo tahun ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat kecil untuk membeli rumah. Telebih lagi menurutnya, tempat penyelenggaraan sekarang juga lebih menjangkau masyarakat karena berada di Benteng Kuto Besak.

“Jika sebelumnya ajang seperti ini sering kali digelar di Mall ataupun pusat perbelanjaan, tahun ini kita pilih di BKB, ini lantaran panitia banyak belajar dari tahun kemarin yang menginginkan pemeran rumah dapat lebih optimal menjangkau masyarakat,” ujarnya.

Dalam pameran ini, pihaknya juga mengharapkan beragam kemudahan mulai aplikasi mengenai program FLPP, serta beragam keuntungan lainnya seperti  beli rumah tanpa pajak, bunga plat dan lainya dapat benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

TEKS    : AMINUDDIN

EDITOR   : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster