Hanya ada Empat Pegawai untuk Layani 26 Desa

 252 total views,  2 views today

MUARAENIM – Akibat beberapa pegawai berpindah tugas, membuat Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim saat ini kekurangan petugas. Akibatnya, layanan di kantor tersebut dirasakan kurang maksimal oleh masyarakat.

Untuk melayani masyarakat di 26 desa di Kecamatan Tanjung Agung, hanya ada empat pegawai di KUA. Empat pegawai tersebut, dua berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan dua honorer plus satu pengawas.

“Kita kekurangan pegawai, namun semua pelayanan harus tetap kita jalankan setiap harinya. Kita semua berempat termasuk Kepala KUA, juga terlibat mengerjakan semuanya. Jika sedang tidak banyak pekerjaan, kita kerjakan tidak terburu-buru,” kata Kepala Kepala KUA Tanjung Agung melalui Staf Tata Usaha, Yohana kepada Kabar Sumatera, Jumat (19/9).

Sejak beberapa staf bidang berpindah tugas menurut Yohana, membuat seluruh pekerjaan sehari-hari hanya ditangani oleh empat orang saja. Padahal wilayah layanan sangat luas, yakni 26 desa.

“Di KUA ini, ada beberapa bidang tugas yang harus dikerjakan. Yakni bidang penghuluan, pembinaan, keluarga sakinah, pelayanan hisab dan rukyat, pembinaan haji, produk halal, pembinaan kemasjidan, zakat dan wakaf. Untuk mengerjakan semuanya, hanya dilakukan empat pegawai. Kekurangan pegawai ini, sudah kita usulkan ke pusat untuk penambahan pegawai,” jelasnya.

Sementara itu, Dinata (40), warga Desa Tanjung Agung berharap kepada pemerintah, melalui Kementrian Agama, untuk memperhatikan pelayanan KUA Tanjung Agung. Selama ini sebutnya, pelayanan di KUA Tanjung Agung kurang maksimal akibat kekurangan pegawai. “Pegawai disana minim, jelas itu menganggu pelayanan masyarakat,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster