Panitia MTQ Internasioal Datangkan Imam Besar Saudi

 283 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Panitia penyelenggara MTQ Internasional 2014, berencana akan mengundang Imam Besar Saudi Arabia, Sultan Nur Ulama pada saat pembukaan MTQ, 23 September mendatang. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Pelaksana MTQ Internasional 2014, Richard Cahyadi saat dibincangi, Kamis (18/9).

Dikatakan Richard, selain berencana menghadirkan Imam Besar Saudi Arabia, pihaknya juga saat ini masih menunggu konfirmasi kehadiran Duta Besar (Dubes) dari negara-negara peserta MTQ.

“Untuk saat ini, dubes-dubes dari negara peserta belum ada yang mengkonfirmasi kehadiran. Tetapi, kita terus menghubungi pihak-pihak tersebut supaya memberikan informasi secara update apakah akan hadir atau tidaknya,” terangnya.

Ia menambahkan, pada 20 September nanti Qoriah asal Maroko, Hajar Boussaq tiba di Palembang. Ia akan menjadi qori yang akan membuka acara MTQ Internasional itu. Hajar akan tiba bersama 36 negara peserta lainnya, yang sudah terdaftar namanya.

Sementara, pada 20 September, ada 36 negara yang juga akan datang bersama enam dewan hakim dari berbagai tiga negara terpilih yakni Malaysia, Libanon dan Jerman. Esok harinya, 21 September menyusul peserta dari tiga negara yang datang. “Terakhir 22 September, peserta dari Singapura yang akan datang ke Palembang,” jelasnya.

“Keberangkatan mereka sudah diatur dan dijadwalkan. Kemudian ada informasi terbaru, yaitu ada dua negara yang tidak bisa hadir, Zambia dan Ciririon karena pendaftaran negara peserta sudah ditutup,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Divisi Protokol Setda Sumsel, Herodica mengatakan, Panitia daerah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional menyebar 3.500 undangan, terdiri dari 500 buah untuk tamu penting atau VIP dan 3.000 buah bagi tamu umum. Dari 500 undangan itu, 15 di antaranya adalah Duta Besar (Dubes) dari beberapa negara peserta event terbesar membaca Al Quran berirama tersebut.

ke-15 Dubes yang diharapkan hadir adalah Amerika, Arab Saudi, Brunei Darusalam, Tiongkok, Dubai, Prancis, Iran, Kuwait, Maroko, Mesir, Belanda, Palestina, Singapura, Afrika Selatan dan Uganda.

“Ke-15 dubes itu baru diundang melalui kantor perwakilan Sumsel di Jakarta dan Faximile. Kita mendapat informasi secara lisan semuanya akan datang, tapi secara resmi baru dua hari lagi mereka memastikan akan hadir atau tidak,” kata Herodica.

Enam menteri juga sebutnya, turut hadir mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Boediono, yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menter Perumahan Rakyat, Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Kreatif, Menteri Agama dan Menteri Sosial. Sedangkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) dipastikan batal.

“Pak Agung Laksono akan mendampingi presiden ke luar negeri, jadi berhalangan hadir. Gubernur se-Indonesia juga diundang, berikut Kepala Kanwil Kementerian Agama di seluruh Indonesia. Tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemuda serta pondok pesantren maupun yayasan masjid turut diundang,” tukasnya.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster