Kursi Parlemen OKI Dikuasai Wajah Baru

 578 total views,  2 views today

Suasana pelantikan anggota dewan OKI | Dok KS

Suasana pelantikan anggota dewan OKI | Dok KS

KAYUAGUNG – Sebenyak 45  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  masa bhakti 2014-2019, Kamis (18/9)  diambil sumpah jabatannya di gedung DPRD OKI dan disaksikan oleh Bupati OKI Isakndar.

Dari 45 Anggota dewan yang dilantik, 26  orang merupakan  muka baru, diantaranya  Bambang Irawan dari Partai Demokrat, H. Solahuddin Djakfar dari Partai Nasdem. Sementara muka-muka lama hanya 19 orang, diantaranya  mantan ketua DPRD OKI 2009-2014, H. M. Yusuf Mekki (PDIP), juga menjabat sebagai ketua DPRD Sementara,  Juni Alpansuri (Hanura) dan Rohmat Kurniawan (PAN)  yang terpilih kembali.

Satu anggota DPRD tidak ikut dilantik karena sedang menunaikan ibadah haji, atas nama Asmawati (PAN), nanti akan dilantik oleh ketua DPRD, diantara wakil rakyat yang dilantik satu anggota dewan Amirsyah, harus dilantik sambil duduk karena dalam kondisi sakit, bahkan usai dilantik politisi partai Demokrat ini jatuh pingsan di luar gedung Dewan.

Anggota DPRD yang dilantik ini diharapkan mampu mengemban amanat untuk kemajuan Kabupaten Ogan Komering Ilir ke depan, dan dapat bersinergi dengan eksekutif, hal ini disampaikan Bupati OKI Isakandar.

“Saudara-saudara yang baru dilantik diharapkan cepat menyesuaikan diri untuk mengemban amanah rakyat dan menjadi semangat baru demokrasi di OKI,” ujar Bupati saat menyampaikan sambutan pada rapat paripurna.

Kata Iskandar banyak agenda-agenda pembangunan yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD seiring dengan telah disetujuinya Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten OKI 2014-2019 antara Pemerintah Daerah dan DPRD OKI.

“Seiring telah disetujuinya Raperda RPJMD Kabupaten OKI 2014-2019 bersama-sama DPR, masih banyak tugas-tugas kita kedepan antara lain, Pemerataan dan Keadilan pembangunan, Reformasi Birokrasi, Pembiayaan Pembangunan, Kesejahteraan masyarakat dan pemanfaatan pengendalian ruang. Untuk mewujudkan itu butuh kerja keras, serta semangat kebersamaan kita semua,” ujar Iskandar.

Dari jumlah anggota dewan yang duduk di parlemen masing-masing dari PDIP yakni 9 kursi, disusul Partai Demokrat dengan 7 kursi, PAN, Golkar dan Gerindra masingmasing 5 kursi, Partai Hanura 4 kursi, Partai Nasdem, PKB dan PKS masing-masing 3 kursi dan terakhir PBB dapat jatah 1 kursi.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris DPRD OKI A Fauzi mengatakan, sudah ditetapkan pimpinan DPRD Sementara. Berdasarkan surat keputusan dari Partai PDIP dan Demokrat, maka Ketua DPRD OKI sementara dijabat oleh. Yusuf Mekki (PDIP) dan Agus Salim (Domokrat).”Keduanya akan memimpin DPRD OKI  hingga terbentuknya alat kelengkapan dan Pimpinan DPRD OKI yang bersifat definitif,” ujar Fauzi.

 

TEKS  : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster