Harga LPG Mahal, Warga Beralih Kayu Bakar

 303 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

MUSI RAWAS – Masyarakat Kecamatan Selangit,Kabupaten Musi Rawas (Mura) beberapa minggu terakhir terpaksa menggunakan kayu bakar untuk kebutuhan memasak. Beralihnya masyarakat terkhusus ibu-ibu memasak memakai kayu bakar disebabkan gas LPG 3 kg yang selama ini sering dipakai harganya melambung tinggi mencapai Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per tabung.

Seorang ibu rumah tangga, Marfiah, mengakui sudah satu minggu ini mereka memakai kayu bakar untuk memasak dan keperluan lainya. Ini mereka lakukan karena gas LPG 3 kg sulit didapat. Kalaupun ada harganya sangat tinggi melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Ya terpaksa pak memakai kayu pakar untuk kebutuhan memasak nasi dan air. Kalau tidak seperti ini kami tidak bisa memasak,”paparnya.

Masih dikatakan ibu satu anak ini, sebagai persiapan mereka sudah mengumpulkan kayu bakar untu persedian satu bulan. Sebab kalau tidak ada persiapan, bila musim penghujan akan susah mencari kayu kering.

Kembali ke gas, sebagai masyarakat sudah tentu sedikit bingung dengan tingginya harga gas elpiji. Sebab sesuai dengan aturan pemerintah harganya tidak tertalu tinggi kisaran Rp 18 ribu pertabung untuk gas 3 kg.

Sementara untuk gas 12 Kg Rp 120 ribu. Harga gas di lapangan mencapai Rp 30 ribu, masyarakat jelas tidak mampu. Disamping tidak mampu gasnya tidak ada.

Hal senada dikatakan Enowati, mereka sudah satu minggu ini beralih ke kayu bakar untuk memasak. Kebetulan rumah mereka tidak terlalu jauh dari hutan. Sehingga mencari kayu bakar sedikit gampang.

“Kami sedikit bersyukur karena mencari kayu bakar tidak terlalu sulit. Coba kalau mencari kayu bakar sulit, bisa-bisa kami tidak bisa memasak,”paparnya.

Terpisah. Kabid Perdagangan Disperindagsar, M Jon Ali, mengatakan tidak mengetahui kalau di Kecamatan Selangit susah mencari gas elpigi 3 kg. Sebab berdasarkan pantauan dilapangan gas elpiji tidak sulit didapat. Sedangkan harganya sudah sesuai HET yakni harga LPG 3 Kg Rp 18000, dan 12 kg Rp 120 ribu.

 

TEKS  : MASRI

EDITOR  : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster