Untuk Pembangunan Underpass, Jalan R Sukamto & Abdul Rozak Ditutup

 340 total views,  2 views today

Pembangunan Underpass Simpang Patal | Foto : Dok KS

Pembangunan Underpass Simpang Patal | Foto : Dok KS

PALEMBANG – Pembangunan underpass Simpang Patal, saat ini memasuki pengerjaan utama yakni pemasangan gelagar atau kepala jembatan. Akibatnya, akses jalan di kawasan tersebut harus ditutup untuk sementara waktu.

“Kami masih membahas penutupan Jalan R Soekamto dan Residen Abdul Rozak. Jika ditutup, jalan alternatif harus disiapkan. Tetapi ada opsi lainnya yakni jalan tidak ditutup, namun ada penyempitan badan jalan,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 14 Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Palembang, Harunnurasyid ketika dibincangi, Rabu (17/9).

Jika Jalan R Soekamto dan Residen Abdul Rozak ditutup, kendaraan bisa melintas di sisi kiri jalan. Disana terang Harunnurasyid, jalurnya cukup lebar. Namun jika jalan tidak ditutup, pengendara kendaraan terpaksa harus lebih bersabar saat melintas di kawasan Patal karena badan jalan lebih sempit.

Harun mengaku, saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi dan pembahasan lebih lanjut. Jika benar akan diberlakukan, maka pengalihan akan dilakukan ketika gelagar jembatan selesai dipasang dan pengerjaan memasuki proses penggalian. “Penggalian baru dilakukan, saat beton dibawah gelagarnya selesai dipasang. Penggalian merupakan proses paling penting, akan dilakukan minimal lima meter ke dalam tanah,” jelasnya.

Ditanya masih adanya pipa milik PDAM Tirta Musi di lokasi tersebut, Harun menjawab, untuk seluruh pipa dan utilitas milik PLN maupun PDAM, semuanya sudah selesai dipindahkan. “Utilitas yang ada dikawasan itu, sudah seluruhnya dipindahkan,” terangnya.

Menurutnya, agar lalu lintas tidak begitu macet dan bertumpuk di satu titik, pihaknya saat ini sedang mengkebut penyelesaian jalan alternatif di sisi kiri kanan jalan utama. “Jalan pinggiran ini, belum selesai seluruhnya. Kira-kira akhir bulan selesai, baru kemudian akan di lakukan proses penggalian di Jalan R Sukamto dan Jalan Residen Abdul Rozak,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang, Masripin Toyib mengatakan, selama proyek underpass berlangsung, memang ada dampak yang terjadi misalnya kemacetan dan debu yang ditimbulkan.

Untuk kemacetan, ia menyarankan agar pengendara kendaraan lebih memilih jalan alternatif seperti di Jalan Pipa Reja atau berbelok ke Jalan M Isa. “Masyarakat yang melintas di kawasan Patal, juga kita saran untuk memakai masker dan mentup helm nya untuk melindungi dari debu,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster