Perluas Kepesertaan, BPJS Manfaatkan Jaringan BRI

 216 total views,  2 views today

Tampak petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sedang melayani warga di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Kamis (2/1). Selain antrian yang cukup panjang warga juga mengeluhkan minimnya sosialisasi tentang ini, sehingga kebanyakan warga masih bingung untuk menggunakan layanan yang resmi diluncurkan 1 januari lalu. Foto : Bagus Kurniawan/KS

Tampak petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sedang melayani warga di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terus berupaya memperluas kepesertaannya di Sumatera Selatan  dengan memanfaatkan jaringan perbankan. BPJS merangkul PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menggaet banyak perserta yang berada dipelosok daerah.

Kepala BPJS Kanwil Palembang, Toni Tanamal mengatakan sejak  PT Askes berubah menjadi BPJS, pihaknya semakin agresif dalam menargetkan penambahan kepersertaan. Karena itu, sebagai komitmennya dalam menjalankan semua program perlindungan jaminan sosial agar dapat menjangkau seluruh masyarakat termasuk dipedesaan.

“BPJS mempercayakan pada jaringan BRI yang notabene telah memiliki banyak jaringan dipelosok masyarakat bahkan pedesaan, pastinya kerja sama BPJS-BRI dapat saling menguntungkan baik bagi kedua perusahaan dan juga memberikan kemudahan bagi peserta kita,” kata Toni, Rabu (17/9).

Menurutnya, BPJS banyak melakukan sosialisasi mengenai manfaat dan kemudahan yang diperoleh oleh peserta yang terdaftar.Saat ini katanya masih banyak hambatan yang perlu diselesaikan terutama dalam pengenalan program jaminan sosial ini kemasyarakat.

Salah satu kendala yang dimaksud di antaranya adalah masyarakat banyak belum memahami betul apa saja syarat pendaftarannya, dimana daftarnya dan bagaimana cara mendaftarnya.

“Makanya kita harapkan komitmen Bank BRI untuk mensupport penerapan BPJS dengan mengerahkan seluruh jaringannya untuk melayani masyarakat, apalagi Bank BUMN ini memiliki jaringan terluas disini, hampir semua kecamatan hingga pedesaan,” ujarnya.

Ditambahkan Toni, selain peningkatan peserta dari pedesaan upaya lain dalam mengejar terget perluasan kepesertaan juga ditempuh dengan cara penegakan hukum yang akan diterapkan bagi tiap perusahaan yang masih membandel.

Untuk mendukung pelaksanaan penegakan hukum tersebut, pihaknya sudah membentuk unit khusus, yaitu Unit Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) yang akan beroperasi pada tahun 2015 mendatang.

“Jadi selain pendekatan persuasif upaya hukum juga akan kita tempuh untuk mensukseskan program negara ini, dasar hukumnya sesuai dengan amanat UU No 24/2011. Selanjutnya dalam memberikan sanksi sesuai dalam Peraturah Pemerintah Nomor 86 Tahun 2013 mengenai Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif kepada pemberi kerja atau perusahan yang tak mendaftarkan jaminan sosial kepada karyawannya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BRI Kanwil Palembang, Khairullah menambahkan pihaknya akan berkomitmen mensupport penerapan BPJS  dengan  mengerahkan seluruh jaringan BRI untuk melayani masyarakat.

“Ini adalah program pemerintah yang diamanatkan oleh Undang-Undang. Tentu BRI sebagai bank milik negara, kami wajib mengawal implementasi BPJS sampai sukses,” ujarnya

Dikatakannya, sebagai mitra BPJS, BRI telah membuka proses pendaftaran para peserta baru, baik pembayaran premi,  hingga pembayaran klaim. BRI juga akan mengerahkan layanan Teknologi Informasi BRI yang sudah terintegrasi disemua jaringan.  Saat ini BRI kanwil Palembang juga memiliki 20 kantor cabang, 25 kantor cabang pembantu, 220 kantor unit,  114 teras, 26 teras keliling, 2 Ebuzz, dan 11 kantor kas 11.

“Integrasi sistem ini tentunya akan makin memudahkan masyarakat untuk mendaftar menjadi peserta BPJS, karena langsung dapat mendaftar di seluruh unit kerja BRI,” pungkasnya.

TEKS    : AMINUDDIN

EDITOR    : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster