Oktober, Bakal Ada Mutasi Pejabat di Kabupaten Empat Lawang

 290 total views,  2 views today

Ilustrasi PNS | Dok KS

Ilustrasi PNS | Dok KS

‪EMPAT LAWANG – Evaluasi kinerja pejabat kembali dilakukan, dijadwalkan Oktober 2014 mendatang bakal ada mutasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang. Kepastian itu, disampaikan Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA).

“Sesuai janjinya, tiap tiga bulan kita evaluasi. Ini sudah lebih, paling lambat usai pelantikan Sekda baru kita, kita akan lakukan mutasi jabatan,” kata HBA yang dibincangi, Rabu (17/9).

Selain rolling dan penyegaran, mutasi dilakukan karena ada beberapa posisi kosong. Misalnya kata HBA, jika sekda pensiun otomatis jabatan di isi pemegang eselon II. Nah ini kan terjadi kekosongan, belum lagi memang pengisian jabatan jika ada pejabat yang pensiun.

Tidak menutup kemungkinan terangnya, hasil evaluasi menjadi tolak ukur penempatan posisi dan jabatan. Karena tidak dipungkiri ada beberapa kepala SKPD dinilai belum cocok memegang jabatan diamanahkan. “Kita masih godok nama-namanya, evaluasi juga masih berjalan. Memang ada beberapa kepala SKPD bakal kita ganti,” bebernya.

Kendati ada mutasi sebut HBA, bukan berarti mereka (pejabat, red) dipindahkan tidak bagus. Tentu ada penilaian, meskipun sudah melaksanakan tugas maksimal kan belum tentu sesuai penilaian pimpinan. Makanya, jangan salah sangka dulu dengan mutasi. Bisa jadi nanti ditempatkan di posisi sesuai kemampuan akademik dan bidangnya.

‪Lambat dan tidak jalannya kerja seorang kepala SKPD lanjut HBA, akan merugikan masyarakat dibumi saling keruani sangi kerawati. Pasalnya, program yang bagus dan sudah di susun tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Jangan sampai Empat Lawang rugi waktu dan anggaran, kalau dibiarkan pejabat melempem.

HBA tetap mengingatkan, agar pejabat di Empat Lawang tidak kecewa, karena kedepan masih di harapkan karya yang lebih baik di tempat kerja yang baru. “Kasihan juga pejabat eselon dibawahnya yang mau naik karir terhambat, karena satu atau dua orang. Sekarang kan sudah banyak SDM dibawah siap di promosikan,” imbuhnya.

‪Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Empat Lawang, H Januarsya Hambali menambahkan, mutasi juga dilakukan dalam mengisi jabatan akibat pengembangan organisasi.

Misalnya Dinas Pendapatan Pengelolan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) akan dipecah menjadi dua yaitu Dinas Pendapatan Daerah (DPD) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Begitu juga beberapa instansi lain, ada yang ditingkatkan status menjadi setara pejabat eselon II. Seperti Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT), di isi jabatan eselon III ditingkatkan menjadi setara eselon II atau di Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu (DPPT).

“Selain hasil penilaian loyalitas dan evaluasi kinerja, mutasi juga disesuaikan kebutuhan organisasi. Misalnya pengisian jabatan, roling serta adanya pengembangan organisasi pemerintahan,” tukasnya.

 

TEKS          : SAUKANI

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster